Kompas TV regional papua maluku

Satgas Damai Cartenz Tangkap Anggota KKB di Nduga, Perannya Terlibat Penembakan di Bandara Kenyam

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 05:05 WIB
satgas-damai-cartenz-tangkap-anggota-kkb-di-nduga-perannya-terlibat-penembakan-di-bandara-kenyam
Ilustrasi penangkapan tersangka. (Sumber: TODAY File Photo/Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

NDUGA, KOMPAS.TV - Satgas Damai Cartenz menangkap seseorang berinisial YL yang diduga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Yotam Bugiangge.

Penangkapan YL ini setelah kelompok Yotam melepaskan beberapa tembakan ke arah pesawat yang hendak mendarat di Bandara Kenyam, Kamis (22/6/2023).

Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Panalewen menjelaskan, YL ditangkap di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Jumat (23/6/2023). Diduga YL ikut terlibat dalam penembakan di Bandara Kenyam.

Menurut Rio, saat ini ada beberapa anggota KKB yang masuk ke Distrik Kenyam untuk melakukan aksi setelah adanya pelantikan Pj Bupati Nduga Edison Gwijangge, dan salah satunya sudah berhasil ditangkap.  

Baca Juga: KKB Beraksi Tembaki Bandara Kenyam, Masyarakat Sekitar Panik dan Cari Tempat Aman

"Dia (YL) salah satu KKB yang masuk ke Kenyam," ujar Rio, Rabu (28/6/2023). Dikutip dari Kompas.com

Rio menambahkan aksi penembakan kembali terjadi di Bandara Kenyam. KKB melepaskan beberapa tembakan ke arah pesawat yang hendak mendarat di Bandara Kenyam, Senin (26/6/2023) siang.

Aksi ini merupakan aksi kedua yang dilakukan KKB pimpinan Yotam Bugiangge setelah sebelumnya melakukan penembakan di Bandara Kenyam, Kamis (22/6/2023) lalu.

Menurut Rio, sasaran penembakan adalah pesawat yang mendarat dan lepas landas di Bandara Keyam. Aparat kemananan melakukan tembakan gangguan agar fokus kepada target berubah. 

Baca Juga: KKB Egianus Kogoya Ultimatum Bakal Bunuh Pilot Susi Air pada 1 Juli, Ini Respons Kapolda Papua

Setelah peristiwa tim kemudian membawa lima orang yang diduga sebagai simpatisan KKB. Kelima orang tersebut diduga memberi informasi terkait aktivitas aparat keamanan di lokasi Bandara. 

"Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz kembali ke Mako Polres Nduga dengan membawa lima orang masyarakat yang berada di sekitar TKP yang dicurigai untuk dimintai keterangan," ujar Rio. 


 


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x