Kompas TV regional jabodetabek

3 Korban Hilang Tenggelamnya KM Dewi Noor 1 Belum Ditemukan, Pencarian Dilanjutkan Besok

Kompas.tv - 20 Agustus 2023, 20:44 WIB
3-korban-hilang-tenggelamnya-km-dewi-noor-1-belum-ditemukan-pencarian-dilanjutkan-besok
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) mengerahkan kapal patroli KPLP membantu upaya evakuasi dan pencarian korban tenggelamnya Kapal Motor (KM) Dewi Noor 1 di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (19/8/2023). (Sumber: Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pencarian tiga korban hilang tenggelamnya Kapal Motor (KM) Dewi Noor 1 akan dilanjutkan besok Senin (21/8/2023).

Pencarian hari kedua pada Minggu (20/8/2023) hari ini sudah dihentikan pada pukul 17.00 WIB, lebih cepat sejam dari prosedur yang ditetapkan karena faktor angin yang kencang.

Selain faktor cuaca, menurut Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli, pihaknya menarik kembali personel SAR gabungan untuk melakukan evaluasi harian. 

Ia menyebut bahwa pada hari kedua pencarian ini, tim SAR telah menerapkan standar operasi pencarian dengan menjelajahi beberapa sektor, terutama di sekitar Pulau Pari dan Pulau Untung Jawa. 

"(Pencarian) hari kedua terhadap (korban hilang) KM Dewi Noor 1, sesuai operasi pencarian dengan menggerakkan unsur SAR laut, kepolisian hingga TNI, sudah sesuai dengan sektor-sektor yang kita briefing-kan," kata Fazzli.

"Sektor-sektor tersebut sudah disisir dan diperiksa sesuai dengan yang kita sampaikan. Tiga orang korban sampai dengan hari ini masih belum ditemukan," ucapnya.

Walau begitu, Fazzli menegaskan bahwa proses pencarian masih terus berlanjut selama malam hari, namun dengan metode yang berbeda. 

Untuk pencarian besok, Fazzli menyatakan bahwa timnya akan melakukan perhitungan dan pemetaan, serta berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait kondisi cuaca.

"Untuk rencana besok hari, tentunya kita akan membuat operasi hari ketiga. Akan membuat perhitungan, SAR map, prediksi salah satunya dari BMKG. Sehingga kita bisa memprediksi sampai mana pergerakan korban yang tenggelam ini," jelasnya.

Baca Juga: Area Pencarian Diperluas, Ini Update 3 Korban Hilang Tenggelamnya KM Dewi Noor 1 di Kepulauan Seribu

"Sementara alat-alat kita masih sama, namun pencariannya bergeser, sesuai dengan pergerakan objek."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x