Kompas TV regional jabodetabek

Tes DNA Buktikan Bayi Tertukar, RS Sentosa Ambil Langkah Tegas ke Perawat dan Bidan

Kompas.tv - 27 Agustus 2023, 12:40 WIB
tes-dna-buktikan-bayi-tertukar-rs-sentosa-ambil-langkah-tegas-ke-perawat-dan-bidan
Usai mendengar hasil tes DNA yang disampaikan Polres Bogor, kedua ibu dari bayi yang tertukar yakni Siti Mauliah dan Ibu berinisial D tampak terharu dan saling  berpelukan, Jumat (25/8/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV/Isnaya)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rumah Sakit Sentosa mengapresiasi proses perdamaian kedua ibu pasien bayi tertukar di Mapolres Bogor, Jawa Barat. 

RS Sentosa juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah membuat kasus bayi tertukar ini menjadi terang.

Juru Bicara Rumah Sakit Sentosa Gregg Djako menyatakan pihaknya juga berharap tes deoxyribo nucleic acid (DNA) menjadi satu-satunya bukti hukum yang sah untuk membuktikan bayi tertukar.

Untuk proses pemeriksaan dan pemberian saksi kepada perawat dan bidan yang menangani kedua pasien masih terus berjalan dan berjanji RS akan mengambil langkah tegas kepada pihak yang diduga abai dalam menjalankan tugas.

"RS telah meminta agar proses pemeriksan di kepolisian langsung tertuju kepada karyawan yang terlibat. Karena sudah menonaktifkan pihak-pihak yang terlibat," ujar Gregg dalam pesan video yang diterima Kompas.tv, Minggu (27/8/2023).

Baca Juga: Butuh Sebulan Adaptasi 2 Bayi Tertukar di Bogor Kembali ke Pelukan Ibu Kandung

Gregg menambahkan selain berproses di kepolisian, RS telah menyiapkan langkah lebih lanjut terkait para pihak yang terlibat dalam kasus bayi tertukar. 

"RS pasti akan mengambil langkah-langkah terkait dengan hasil yang sudah terjadi hingga saat ini," ujar Gregg.

Gregg mengatakan pihak RS akan terus melakukan pendekatan kepada kedua keluarga tersebut. Dia juga mengatakan rumah sakit telah menerima konsekuensi atas kejadian tersebut.

"Rumah sakit sudah mendapat sanksi sendiri, yaitu sanksi sosial, kedua, menjadi sorotan negatif. Artinya itu juga sebenarnya kami harap menjadi pertimbangan. Rumah sakit kan sudah sampaikan dari awal tidak pernah menutup diri, supaya kita bisa membicarakan ini," ujarnya.

Sebelumnya hasil DNA silang telah membuka titik terang kasus bayi tertukar di RS Sentosa. 

Baca Juga: Tes DNA Nyatakan Bayi di Bogor Tertukar, Begini Proses Pengembalian ke Orang Tua Kandung

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan, hasil tes DNA antara keluarga Siti Mauliah dengan Dian, dipastikan kedua bayi tertukar dari orangtua aslinya.

Berdasarkan laboratorium forensik Puslabfor Bareskrim Mabes Polri ditemukan 99,99 persen kedua bayi laki-laki berusia satu tahun kedua pasien tertukar.

Dipastikan juga bayi yang diasuh oleh pasien Nyonya Dian adalah anak kandung Siti Mauliah. 

Usai mendengar hasil tes DNA yang disampaikan Polres Bogor, kedua orangtua tampak terharu dan saling berpelukan.

"Polres Bogor sendiri juga telah melakukan langkah penyelidikan seperti memeriksa saksi, memeriksa pihak rumah sakit (RS) seperti seluruh perawat dan bidan yang bertugas saat kedua ibu tersebut melahirkan," ujar Rio Wahyu Anggoro dalam jumpa pers di Bogor, Jumat (25/8).


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x