Kompas TV regional berita daerah

Langkah Pemprov Lampung Hadapi Dampak El Nino

Kompas.tv - 7 September 2023, 13:27 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Lampung telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi dalam menghadapi dampak el nino.

Kesiapan yang dilakukan untuk memastikan ketersediaan pangan, ketersediaan air dan antisipasi  potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Lampung.

Baca Juga: Rombongan Sekretariat DPRD Pesisir Barat Kecelakaan di Tol

Gubenur Arinal Djunaidi mengatakan Provinsi Lampung sebagai salah satu lumbung pangan siap menjamin kebutuhan pangan khususnya beras akan tetap terpenuhi sampai Oktober mendatang.

Sementara terkait ketersediaan air, Pemerintah Provinsi Lampung juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan pasokan air bagi lahan pertanian siap tanam dan kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Dalam rapat ini, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga telah berkordinasi dengan bulog untuk membanjiri beras medium di pasaran dengan memberikan bantuan kepada keluarga penerima manfaat dari program keluarga harapan di tengah kenaikan beras yang terjadi saat ini.

Dan meski saat ini kondisi kekeringan yang mengakibatkan karhutla di Provinsi Lampung masih dalam kategori normal untuk bulan Agustus-November 2023, namun Pemerintah Provinsi Lampung tetap melakukan langkah antisipasi dengan berkoordinasi antara intansi terkait dalam mempersiapkan embung dan kebutuhan air untuk pemadaman api jika kebakaran hutan dan lahan terjadi.

#karhutla #pangan #air



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x