Kompas TV regional sulawesi

Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Resmikan Dapur Sehat Lapas Perempuan Gorontalo

Kompas.tv - 19 September 2023, 13:38 WIB
ketua-tp-pkk-provinsi-gorontalo-resmikan-dapur-sehat-lapas-perempuan-gorontalo
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Fima Agustina, resmikan dapur sehat Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo, Selasa (19/9) (Sumber: Humas LapuanGo)
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO,KOMPAS.TV - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Fima Agustina, resmikan dapur sehat Lapas Perempuan Kelas III Gorontalo, Selasa (19/9). Peresmian tersebut guna mengoptimalkan dan memenuhi hak tahanan dan narapidana untuk memperoleh makanan dan minuman yang layak serta sesuai kebutuhan gizi.

Peresmian dapur sehat ini merupakan tindak lanjut atas himbauan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga. Reynhard mengintruksikan agar supaya Kakanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia dapat segera meresmikan satu dapur sehat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan sebagai dapur percontohan layanan makanan sesuai standar kesehatan.

Hal ini sebagai upaya guna memotivasi UPT Pemasyarakatan dalam penyelenggaraan layanan perawatan bagi para Warga Binaan  Pemasyarakatan (WBP) agar lebih baik lagi.

Kakanwil Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo, dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa pada dasarnya pemenuhan hak warga binaan untuk mendapatkan makanan yang layak sesuai dengan kebutuhan gizi telah diamanatkan dalam Undang-undang Pemasyarakatan yang baru Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

"Bukan hanya dapurnya saja yang sehat termasuk juga para Pramusaji dan bahan-bahannya dimulai dari bahan mentah hingga sampai ke hidangan. Jadi semua harus memenuhi kadar dan kualitas terbaik, baik dari segi kebersihan dan mutunya," tuturnya.

Heni juga menyampaikan harapan setelah peresmian dapur Lapas Perempuan Gorontalo hygienes ini maka kedepan harus menjaga mutu dan kualitas makanan serta minuman bagi warga binaan.

Lebih lanjut, Fima Agustina selaku Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo menyampaikan perasaan senang hadir pada kesempatan ini karena bisa melihat secara langsung kondisi para warga binaan yang ada di Lapas Perempuan Gorontalo.

"Saya tadi melihat kedalam, terlihat dari para warga binaan banyak memasuki usia produktif yang artinya masih sangat bisa untuk memberikan sumbangsinya kepada bangsa dan negara," ujar Fima.

Setelah peresmian dapur sehat yang ditandai dengan pengguntingan pita, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat perpanjangan laik hygiene dan sanitasi dapur serta penyerahan vitamin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Gorontalo dan jajaran, Perwakilan Dandim 1315 Kabupaten Gorontalo, Perwakilan Kapolres Gorontalo, Perwakilan Ketua PN Limboto, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Gorontalo.

 

#lapas perempuan

#Gorontalo

#Dapur sehat

#Ketua TP PKK



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x