Kompas TV regional jabodetabek

Update Kebakaran TPST Bantargebang: Sudah Padam, Tim Damkar Fokus Lakukan Pendinginan

Kompas.tv - 29 Oktober 2023, 18:32 WIB
update-kebakaran-tpst-bantargebang-sudah-padam-tim-damkar-fokus-lakukan-pendinginan
Zona 2 TPST Bantargebang wilayah DKI Jakarta di Kota Bekasi yang terbakar pada Minggu (29/10/2023) siang. Saat ini kebakaran di tempat pembuangan sampah itu sudah padam. (Sumber: Kompas.com/Nabilla Ramadhian)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

BEKASI, KOMPAS.TV - Kebakaran yang terjadi di Zona II TPST Bantargebang untuk wilayah DKI Jakarta di Kota Bekasi pada Minggu (29/10/2023) siang sudah padam. Meski sudah padam, situasi di TPST Bantargebang itu belum dinyatakan hijau atau aman.

Selanjutnya, tim Damkar akan melakukan pendinginan guna menghindari munculnya titik-titik api lain.

"Belum hijau, tapi sedang proses pendinginan. Kemungkinan pendinginan berlangsung lama," kata Danru Kompi B Pleton 3 Damkar Kota Bekasi Nawawi Ismail dikutip dari Kompas.com.

Ismail menambahkan, pendinginan ini akan terus dilakukan tim Damkar sampai tidak ada lagi asap yang muncul di area TPST Bantargebang.

"Jika ada asap, besar kemungkinan di bawah (tumpukan sampah) masih ada titik api. Pendinginan sampai asap di TPST dan di gunungan sampah tidak terlalu pekat," ungkap Ismail.

Berdasarkan dari pantauan tim jurnalis KompasTV, asap masih terlihat pekat sekitar pukul 16.50 WIB di gunungan sampah depan Pembangkit Tenaga Listrik Sampah (PLTS).

Baca Juga: Asap Kebakaran Gunung Merbabu ke Permukiman, Warga Diungsikan ke Balai Desa

Asap baru mulai mereda sekitar pukul 17.30 WIB meski masih ada sejumlah titik tumpukan sampah yang masih mengeluarkan asap.

Sebelumnya, kebakaran terjadi pada pukul 14.00 WIB di Zona 2 Jambore area TPST Bantargebang.

Untuk menetralisir api, sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan ke lokasi.

"Untuk sementara, ada empat mobil tanki air Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST), dua damkar UPST, enam damkar dari DKI, dan empat damkar dari Kota Bekasi. Sedang lakukan pemadaman," sambung Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto dikutip dari Antara.

Terkait penyebab kebakaran di TPST Bantargebang ini, belum diketahui secara pasti.

Namun, kata Asep, menurut info dari lokasi, asap tiba-tiba muncul di zona tersebut dan kemudian membesar karena tersapu angin.

"Bukan merupakan zona aktif. Info dari lapangan, tiba tiba langsung muncul asap dan memang di sekitar lokasi tersebut sampah kering dan kemudian tersapu angin kencang," papar Asep. 

Baca Juga: Titik Api Kebakaran di TPA Jalupang Meluas, dari Selatan Merembet ke Titik Utara


 



Sumber : Kompas.com/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x