Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabai di Brebes Melambung, Pedagang dan Pembeli Terpukul

Kompas.tv - 8 November 2023, 18:41 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Harga cabai rawit merah, cabai rawit hijau, dan cabai merah keriting melonjak di Pasar Belakang Kodim, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada Senin siang. Cabai rawit merah mencapai Rp 100 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 80 ribu per kilogram. Cabai rawit hijau naik dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Cabai merah keriting naik dari Rp 40 ribu per kilogram menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

 

Salah seorang pedagang cabai, Irah, mengatakan bahwa kenaikan harga cabai rawit merah terjadi sejak tiga hari lalu. Menurutnya, harga cabai di pasaran mahal karena harga cabai di tingkat petani sudah tinggi. Ia menuturkan bahwa akibat kenaikan harga cabai, daya beli masyarakat turun. Yang biasanya membeli satu kilogram, sekarang hanya setengah kilogram saja. Omset penjualannya pun turun hingga 50 persen. Yang sehari biasanya bisa menjual 10 kilogram cabai, kini hanya 5 kilogram saja.

 

Irah memperkirakan bahwa harga cabai di pasaran masih akan terus naik dalam beberapa pekan ke depan, seiring belum normalnya pasokan cabai dari petani.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x