Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kelenteng Grajen, Tempat Dewa Obat Memberi Kesembuhan

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 12:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KOMPAS.TV, SEMARANG - Kelenteng Grajen, salah satu tempat beribadah umat Tri Dharma yang terletak di Kota Semarang. Berbeda dengan kelenteng-kelenteng lainnya, Kelenteng Grajen ini diberi nama lokal yang sama seperti nama daerah dimana tempat ibadah ini berdiri, yaitu daerah Grajen, Karang Loo, Kota Semarang.

Tak hanya memiliki nama yang unik, Kelenteng ini mempunyai keunikan lainnya yaitu Hio Loo terbesar di Kota Semarang. Klenteng Grajen menjadi rumah bagi 10 dewa, namun tuan rumah dari Kelenteng ini adalah dewa pengobatan dan penolong. Dan Kelenteng Grajen, sudah 180 tahun dikenal sebagai Kelenteng pengobatan.

Umat yang datang untuk berdoa minta kesembuhan tak hanya dari daerah Kota Semarang saja, namun juga dari luar kota, bahkan luar negeri.

“Yen Tjien Sang Tee, dewa pengobatan dan dewa penolong untuk segala bentuk gangguan, mulai dari santet, sengkolo dan sebagainya,” kata Salipok, juru kunci.

Ada beberapa teknik pengobatan, diantaranya melalui resep ramuan obat yang diperoleh dari mengocok Tjiam Si, atau bilah bambu bernomor yang sebelumnya telah didoakan. Kemudian Tjiam Si yang jatuh digunakan untuk menunjukkan nomor resep obat yang diperlukan. Nantinya resep tersebut digunakan untuk mengambil obat atau ramuan di sin shei, tabib atau toko ramuan obat Cina.

Cara kedua adalah dengan sembahyang dan membakar kertas Kui Jin Hu, lalu dimasukan ke dalam botol air mineral yang nantinya air tersebut bida dikonsumsi langsung oleh orang yang meminta penyembuhan dan pertolongan.
 

#kelentenggrajen #ramuancina #semarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x