Kompas TV regional jabodetabek

Akses Tol Menuju Stasiun Kereta Cepat Halim Ditutup per 18 Februari 2024, Ini Penjelasan KCIC

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 10:14 WIB
akses-tol-menuju-stasiun-kereta-cepat-halim-ditutup-per-18-februari-2024-ini-penjelasan-kcic
Foto arsip. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menutup akses tol menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim yang berada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 00+850 A per Sabtu (18/2/2024) pekan ini. (Sumber: KCIC)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV -  PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menutup akses tol menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim yang berada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 00+850 A per Sabtu (18/2/2024) pekan ini.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan penutupan tersebut dilakukan secara permanen.

"Penumpang yang akan menuju Stasiun Halim dapat menggunakan Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdanakusuma melalui Jalan DI Panjaitan," kata Emir dalam keterangannya, Kamis (15/2/2024).

Ia mengatakan penutupan dilakukan demi keselamatan dan keamanan pengguna jalan dan penumpang kereta cepat.

Mengingat, akses tol di KM 00+850 A merupakan jalur keluar-masuk kendaraan proyek pada masa pembangunan.

"Karena pembangunan Kereta Cepat Whoosh sudah selesai melalui koordinasi bersama Jasa Marga dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya maka demi keselamatan dan keamanan, akses tol tersebut harus ditutup," jelasnya, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Gara-gara Listrik Mati, Kereta Cepat Whoosh "Mogok", KCIC Minta Maaf

Selain itu, penutupan tersebut juga bagian dari pengaturan lalu lintas jalan ruas tol Jakarta-Cikampek, yang sejajar dengan akses jalur proyek bukaan tol baru menuju Stasiun Halim.

"Nantinya juga diberlakukan contra flow dalam proses pembangunan akses tol yang baru sehingga jika akses tol KM 00+850 A masih dioperasikan, dikhawatirkan akan membahayakan keamanan keselamatan pengguna jalan," ujarnya.

Di sisi lain, KCIC bersama dengan Jasa Marga dan Kementerian PUPR pun sedang melakukan pengadaan akses Tol KM 1+842 Tol Jakarta-Cikampek.

Akses tol ini, lanjut dia, nantinya juga akan menjadi salah satu akses menuju ke Stasiun Kereta Cepat Halim.

Emir menambahkan, penumpang Kereta Cepat Whoosh tidak perlu khawatir akan kesulitan mengakses Stasiun Halim.

Pasalnya, selain akses Jalan DI Panjaitan, penumpang juga bisa menggunakan sejumlah transportasi umum yang telah disiapkan untuk memudahkan penumpang menjangkau Stasiun Halim yakni TransJakarta 7W rute Cawang-Jalan Mayjen Sutoyo-Jalan DI Panjaitan-Stasiun Halim, LRT Jabodebek dengan rute Dukuh Atas-Jati Mulya, dan taksi.

Baca Juga: Per 3 Februari Tiket Kereta Cepat Whoosh Terapkan Tarif Dinamis, Harga Mulai Rp150.000


 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x