Kompas TV regional berita daerah

Pelaku Penyelundupan Senjata Api Ilegal Ditangkap Di Filipina

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 19:45 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Polda Sulawesi Utara, berhasil mengamankan satu pelaku penyelundupan senjata api  ilegal dari Filipina ke Indonesia. Pelaku berinisial RM warga Kabupaten Kepulauan Sangihe ini ditangkap Polda Sulut di Mindanau Filipina.

Hasil pengembangan kasus penyelundupan senjata api ilegal dari Filipina ke Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi Utara yang diungkap pada tahun 2022 lalu bertambah satu tersangka yakni berinisial RM, warga Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Penanganan kasus ini dilakukan oleh Polres Minahasa Utara dan Polda Sulut berdasarkan laporan Polisi nomor 380 tanggal 15 Mei 2022.

Tersangka RM dijemput di Davao Filipina oleh tim gabungan Polda Sulut, Polres Minut dan NCB Interpol Indonesia.

Tersangka RM ini merupakan  target lama pihak Kepolisian, sehingga total keseluruhan sudah ada lima tersangka. Sementara untuk empat tersangka sudah divonis dan sudah ada yang bebas.

Penjemputan tersangka RM melalui Red Notice yang disampaikan kepada Divhubinter Polri beberapa waktu sebelumnya, sehingga proses penjemputan tersangka RM berjalan dengan baik.

Dirreskrimum Polda Sulut mengatakan dalam pengungkapan kasus ini pelaku RM ini bisa dikatakan sebagai ‘otak’ penyelundupan senjata api ilegal tersebut. Pelaku RM di Filipina termasuk sebagai illegal entry atau masuk ke suatu negara tanpa izin resmi sehingga diberikan sanksi oleh pihak imigrasi Filipina.

Pelaku RM mendapat orderan pembelian senjata api dari RB, dimana RB adalah tahanan dalam kasus yang sama, yang sudah ditangkap di Manokwari.

Terhadap tersangka dikenakan pasal 1  Undang-undang darurat Republik Indonesia nomor 12 tahun 1951 juncto pasal 55 ke-1E KUHP, dengan ancaman hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau penjara setinggi-tingginya 20 tahun.

#kompastvmanado #poldasulut #viral

Aldy Pascoal Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x