Kompas TV regional berita daerah

Musik Bambu Meriahkan Pawai Ogoh-Ogoh Di Manado

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 19:55 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Wali kota Manado Andrei Angouw membuka pelaksanaan Festival Pawai Ogoh – Ogoh yang berlangsung di Lapangan Sparta Tikala Manado Minggu sore. Pawai Ogoh –Ogoh ini dilaksanakan satu hari sebelum perayaan hari Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Festival Ogoh ogoh dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946, berlangsung di Lapangan Sparta Tikala Manado, yang dibuka Wali kota Manado Andrei Angouw didampingi Ketua TP PKK kota Manado Irene Angouw Pinontoan.

Kegiatan ini digelar pihak PD- K-M-H-D-I,  DPK Peradah, PHDI kota Manado bersama Pemerintah Kota.

Festival Ogoh – Ogoh ini digelar  satu hari sebelum perayaan Hari Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Pawai Ogoh –Ogoh ini merupakan bagian dari hari pengerupukan. Pawai Ogoh –Ogoh ini akan diarak keliling sebagian titik di kota Manado dan diiringi dengan musik khas Ogoh Ogoh.

Diketahui Ogoh Ogoh merupakan patung yang menggambarkan buta kala atau sifat buruk yang melekat pada diri manusia. Tradisi Pawai Ogoh Ogoh ini wajib dilakukan, sebagai simbol mengusir energi negatif agar tidak mengganggui jalannya perayaan Nyepi.

Sementara itu Wali kota Manado Andrei Angouw menyampaikan kegiatan keagamaan harus dirayakan dan dilestarikan, agar warga kota Manado saling mengenal dan saling menghormati antar sesama. Hal tersebut menurut Angouw sikap toleransi di kota Manado terus diperkuat.

Dari pantauan, Festival Pawai Ogoh Ogoh ini juga diikuti oleh perwakilan penganut agama lain, dimana dibuka dengan penampilan musik khas dari Minahasa yakni musik bambu. Sebagai bentuk menghargai satu dengan yang lain.

#kompastvmanado #phdimanado #pemkotmanado

Aldy Pascoal Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x