Kompas TV regional sulawesi

Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang hingga Sore Ini akibat Erupsi Gunung Ruang

Kompas.tv - 19 April 2024, 09:59 WIB
penutupan-bandara-sam-ratulangi-diperpanjang-hingga-sore-ini-akibat-erupsi-gunung-ruang
Penutupan Bandara Sam Ratulangi diperpanjang hingga hari ini, Jumat (19/4/2024) (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Bandara Sam Ratulangi Manado, Provinsi Sulawesi Utara memutuskan untuk memperpanjang penutupan bandara hingga hari ini, Jumat (19/4/2024) pukul 18.00 Wita.

Hal ini merupakan dampak dari erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara yang terjadi pada Kamis (17/4) lalu.

“Penutupan sementara operasional Bandara Sam Ratulangi kembali diperpanjang hari ini, Jumat (19/4) mulai pukul 06.15 sampai pukul 18.00 Wita,” kata Humas Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono.

Dia mengatakan perpanjangan masa penutupan sementara operasional bandara dilakukan berdasarkan nota bernomor NOTAM A1010/24 NOTAMR A1009/24.

Yanti mengatakan hal tersebut harus dilakukan mengingat situasi dan kondisi yang belum kondusif terkait erupsi Gunung Ruang. Terlebih dampak abu vulkanik kini begitu terasa di Kota Manado yang tertutupi oleh abu sehingga berisiko tinggi pada penerbangan.

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah Libur Nasional dan Cuti Bersama Mei 2024, Siap-siap Ada 2 Long Weekend!

"Kami akan terus mengupdate informasi terbaru, sambil terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” kata Yanti, dikutip dari Antara.

Yanti memohon agar penumpang menerima keputusan tersebut, karena erupsi Gunung Ruang merupakan kejadian alam yang tidak bisa dihindari.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi secara resmi menaikkan status Gunung Ruang menjadi level IV atau ‘AWAS’ pada, Rabu (17/4) pukul 21.00 Wita.

Peningkatan level tertinggi untuk status gunungapi itu dilakukan setelah Gunung Ruang menunjukkan adanya aktivitas vulkanik yang terus meningkat sejak awal bulan ini.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x