Kompas TV regional berita daerah

Meraup Untung Dengan Berternak Iguana

Kompas.tv - 21 Juli 2020, 18:56 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS TV - Ditengah pandemi Covid-19 seorang ibu rumah tangga di Kota Madiun, Jawa Timur, justru sukses meraup untung dengan beternak iguana di pekarangan rumahnya. Cara perawatan iguana yang mudah menjadi daya tarik tersendiri bagi pemula untuk memelihara iguana.

Kristiana Rosa warga jalan Wira Bumi, Kelurahan Winongo, Kecamatan manguharjo, kota madiun, ini memanfaatkan pekarangan di belakang rumahnya untuk dijadikan penangkaran iguana.

Mulanya ibu rumah tangga ini mencoba berbisnis ternak iguana dari modal awal 12 juta rupiah, untuk membeli 3 indukan dan 1 pejantan. Kini hewan reptil tersebut mampu berkembang hingga 140 ekor lebih iguana.

Setiap pagi,  Rosa membersihkan kandang reptilnya serta menyiapkan pakan berupa buah dan sayuran, serta menyiapkan tempat bertelur untuk indukan iguana yang dibuat dari bak air yang diisi pasir.

Bagi Rosa beternak reptil mampu mendongkrak ekonomi keluarga cukup dengan tinggal dirumah. Ibu satu anak ini mampu menjual 8 hingga 10 ekor iguana perbulan melalui komunitas reptil hingga memanfaatkan jasa layanan jual beli online. Per ekornya, iguana hijau laku dijual 300 hingga 500 ribu rupiah. Sementara untuk iguana merah dijual seharga 500 ribu rupiah hingga 2 juta rupiah per ekornya.

Ditengah pandemi saat ini, kandang ternak iguana milik Rosa ini kerap didatangi warga yang hendak belajar memelihara reptil. Beberapa diantaranya tertarik membeli anakan reptil untuk dipelihara.

Selain iguana, Rosa bersama suami dan anaknya juga memelihara dan mengembang biakkan berbagai jenis reptil lainnya, diantaranya Leopard Geco.

#beritamadiun

#reptil

#iguana

#leopard

#geco

#kisahsukses




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x