Kompas TV religi beranda islami

Niat Mandi Puasa Ramadan, Berikut Bacaan Beserta Terjemahannya

Kompas.tv - 10 Maret 2024, 15:44 WIB
niat-mandi-puasa-ramadan-berikut-bacaan-beserta-terjemahannya
Ilustrasi mandi wajib atau mandi puasa Ramadan (Sumber: Pixabay)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan suci Ramadan akan tiba sebentar lagi yang kedatangannya akan disambut dengan kebahagiaan oleh seluruh umat Muslim di dunia.

Di Indonesia, untuk menetapkan 1 Ramadan, pemerintah masih akan menggelar Sidang Isbat pada hari ini, Minggu (10/3/2024).

Pada bulan Ramadan, merupakan momentum bagi umat Muslim untuk berlomba-lomba meraih pahala.

Di bulan yang penuh berkah ini, seluruh pahala dari ibadah sunnah hingga wajib akan dilipatgandakan. 

Dalam salah satu hadits riwayat Ummi Hani’ binti Abi Thalib karramallahu wajhah dan dicatat Imam at-Thabrani dalam kitab Mu’jamus Shagir (2/16) disebutkan:
 
فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ فَإِنَّ الْحَسَنَاتِ تُضَاعَفُ فِيهِ مَا لَا تُضَاعَفُ فِيْمَا سِوَاهُ وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ. 

Artinya, “...Berhati-hatilah terhadap bulan Ramadhan, karena pahala kebaikan demikian juga ganjaran kejelekan akan dilipatgandakan.” 

Mandi Puasa Ramadan

Dilansir dari NU Online, salah satu anjuran pada bulan ini yaitu mandi sunnah pada setiap malam di bulan Ramadhan yang didasarkan dari penjelasan Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam kitabnya, Hasyiyah al-Bajuri (1/81).

Baca Juga: Link Live Streaming Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan 1445 H

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك 

Artinya, “Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,... dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.” 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x