Kompas TV religi beranda islami

Mbah Harjo Calon Haji Tertua Asal Indonesia: Usia 1 Abad Lebih, Berdoa untuk Negara saat Umrah Wajib

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 12:28 WIB
mbah-harjo-calon-haji-tertua-asal-indonesia-usia-1-abad-lebih-berdoa-untuk-negara-saat-umrah-wajib
Mbah Hajro saat ditemeui petugas haji di kamar hotelnya di Hotel Al Zhaer Plaza, kawasan Misfalah, Makkah, Arab Saudi, Selasa (28/5/2024). (Sumber: KompasTV/Imron Fahim)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

MAKKAH, KOMPAS.TV - Mbah Harjo atau Harjo Mislan, pria berusia 110 tahun telah tiba di Makkah, Arab Saudi, dengan tekad dan semangat yang luar biasa, meski usianya sudah lebih dari satu abad.

Meski sudah sangat tua, penglihatan dan pendengaran Mbah Harjo masih baik. Dia terlihat riang gembira saat petugas haji mengunjunginya di kamar hotelnya di Hotel Al Zhaer Plaza, kawasan Misfalah, Makkah, Arab Saudi, Selasa (28/5/2024).

Pada kesempatannya kali ini di Tanah Suci, Mbah Harjo tidak lupa mendoakan negara Indonesia agar lebih mau dan mendapatkan berkah.

"Oh iya pasti saya mendoakan Indonesia, negara saya sendiri pastinya saya doakan, karena membela dan mendoakan negara itu penting," kata Mbah Harjo seperti dilaporkan jurnalis KompasTV, Imron Fahim.

Mbah Harjo telah menyelesaikan umrah wajib sebagai bagian dari rangkaian haji tamattu' dengan menggunakan kursi roda. Di hadapan Ka'bah Baitullah, dia berdoa untuk kebaikan dirinya, keluarga, dan bangsa Indonesia.

Pria asal Desa Bedingin, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini mampu beraktivitas secara mandiri.

Selama di Makkah, Mbah Harjo makan sendiri dan memilih makan nasi daripada bubur yang disediakan petugas. Mbah Harjo juga membawa sambal pecel dan biskuit kesukaannya.

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia Diimbau Laksanakan Umrah Wajib Pukul 10 Malam atau 9 Pagi

Di luar itu, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah mengeluarkan imbauan agar jemaah calon haji melaksanakan umrah wajib pada pukul 22.00 WAS (Waktu Arab Saudi) atau 09.00 WAS.

Kepala Daker Makkah Khalilurrahman menyampaikan imbauan ini dilakukan dalam rangka menjaga kesehatan jemaah haji dan menghindari kepadatan di Masjidil Haram.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x