Kompas TV religi beranda islami

Tidak Boleh Sembarangan, Begini Adab Menyembelih Hewan Kurban

Kompas.tv - 17 Juni 2024, 10:08 WIB
tidak-boleh-sembarangan-begini-adab-menyembelih-hewan-kurban
Sapi kurban jenis limosin dengan berat sekitar 700 kilogram yang disumbangkan Wali Kota Surakarta sekaligus Wakil Presiden Terpilih periode 2024–2029 Gibran Rakabuming Raka di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (16/6/2024). (Sumber: ANTARA/Fath Putra Mulya.)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap Hari Raya Iduladha, umat Islam yang berkelebihan rezeki dianjurkan untuk berkurban, yaitu memotong hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing atau unta. Dalam proses pemotongan hewan kurban tidak sembarangan namun harus memperhatikan beberapa ketentuan adab dan kaidah syar'i.

Mengutip laman pp Muhammadiyah, yang referensinya mengambil dari Fuad Zein, Materi Pengajian Tarjih Muhammadiyah di Serambi Masjid Gedhe Kauman pada Rabu, 1 Zulhijah 1439 H/15 Agustus 2018 M, berikut ketentuan dalam menyembelih hewan kurban, agar proses penyembelihan sesuai dengan syariat Islam dan menunjukkan ihsan terhadap hewan kurban.

1. Shahibul Kurban Menyembelih Sendiri

Idealnya, orang yang berkurban (shahibul kurban) sendiri yang melakukan penyembelihan jika mampu. Jika tidak, ia boleh diwakilkan kepada orang lain, namun dianjurkan untuk ikut menyaksikan prosesi penyembelihan.

2. Menggunakan Pisau yang Tajam

Penggunaan pisau yang tajam sangat penting. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan dalam segala hal… Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya.” (HR. Muslim). Pisau yang tajam akan mengurangi rasa sakit pada hewan.

Baca Juga: Tips Mengolah Daging Kurban Rendah Lemak dan Kolesterol

3. Tidak Mengasah Pisau di Hadapan Hewan

Mengasah pisau di hadapan hewan yang akan disembelih dilarang karena dapat menakuti hewan. “Rasulullah SAW memerintahkan untuk mengasah pisau, tanpa memperlihatkannya kepada hewan.” (HR. Ahmad).

4. Menghadap Kiblat

Hewan yang akan disembelih hendaknya dihadapkan ke arah kiblat, dengan posisi kepala di selatan, kaki di barat, dan leher menghadap barat. Ini menunjukkan penghormatan dan mematuhi syariat.

5. Membaringkan Hewan di atas Lambung Kiri

Imam An-Nawawi menyebutkan bahwa membaringkan hewan di atas lambung kiri adalah praktik yang disepakati oleh para ulama. Posisi ini memudahkan penyembelih untuk memotong dengan tangan kanan.

6. Menginjak Leher Hewan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x