Kompas TV video vod

Rp 300 Ribu untuk 20,65 Juta Keluarga & 2,5 Juta PKL, Kawal Distribusi BLT Minyak Goreng!

Kompas.tv - 9 April 2022, 13:43 WIB
Penulis : Edwin Zhan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah mengatakan akan memberikan BLT minyak goreng sebesar Rp 300 ribu untuk tiga bulan dan segera disalurkan kepada masyarakat mulai pekan depan.

Perhitungan besaran BLT menggunakan asumsi data dari BPS.    

Kurang lebih, satu keluarga penerima manfaat dengan anggota keluarga empat orang membutuhkan minyak goreng satu liter per orang dalam sebulan.

Untuk mencegah penyimpangan dan agar tepat sasaran, Kementerian Sosial (Kemensos) juga melakukan validasi data calon penerima BLT minyak goreng, sesuai data kependudukan dan data terpadu kesejahteraan sosial.

Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo pun mulai membagikan BLT minyak goreng perdana dan bantuan modal kerja di Kota Jambi, Kamis (7/3) lalu dan mengatakan akan menyalurkan seluruh BLT sebelum Hari Raya Idulfitri.

Program BLT minyak goreng dengan besaran bantuan Rp 100 ribu per bulan selama 3 bulan akan diterima sekaligus sebanyak Rp 300 ribu pada bulan April ini.

Skema pertama, disalurkan melalui Kementerian Sosial, menganggarkan dana Rp 6,2 triliun dengan penerima sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (PKM).

Skema kedua disalurkan melalui TNI-Polri, dengan anggaran Rp 750 miliar dan penerima sebanyak 2,5 juta pedagang kaki lima dan warung di 514 Kabupaten dan Kota.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x