Kompas TV video vod

Waspada Beli Barang dengan Cara Pre-Order, Ada Resikonya...

Kompas.tv - 15 Juli 2023, 23:52 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Resiko besar membayangi para konsumen yang melakukan skema pre order suatu barang terlebih jika barang tersebut memiliki nilai tinggi.

Warsito Aji selaku Staff Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia menuturkan agar masyarakat dapat lebih berhati-hati melakukan pembelian barang dengan cara pre-order yang dibanderol harga miring.

Masih menurut Warsito Aji menilik kasus si kembar yang disinyalir mengarah kepada skema Ponzi.

Dimana keuntungan yang di dapat sebenarnya saling tumpang tindih antar modal yang berasal dari kantong investor atau konsumen yang cenderung memberikan dampak kerugian bagi para konsumen.

Dengan motif mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya dari anggota atau pihak pembeli.

Selain itu menurut Rully Herdita Ramadhani selaku Kriminolog Universitas Padjajaran, korban yang terjerat biasanya tergiur dengan iming-iming harga murah dan dijanjikan sejumlah keuntungan.

Hal tersebut sengaja dilakukan pelaku untuk menarik korban dan melancarkan aksi penipuan.

Berkaitan dengan kerugian yang ditelan para korban dengan total mencapai puluhan miliar rupiah, menurut kacamata kriminolog Rully Herdita Ramadhani perlu dilakukan pembuktian dan segenap proses pelimpahan berkas terlebih dahulu untuk mengungkap kasus.

Agar pelaku dapat diadili sesuai ketentuan hukum yang berlaku dengan harapan kerugian materil dapat disalurkan kembali kepada pihak korban.

Baca Juga: Penangkapan Rihana-Rihani Jadi Titik Terang Kasus Penipuan Pre-Order Iphone Harga Miring


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x