Kompas TV video vod

Ini 5 Langkah Sinergi Kebijakan Dalam Pengendalian Inflasi Pangan

Kompas.tv - 5 September 2023, 13:35 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2023,di Istana Negara Jakarta, Kamis 31 Agustus 2023.

Tahun ini mengambil tema Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan.

Dalam rakornas ini juga dihadiri Tim Pengendalian Inflasi Pusat atau TPIP, dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo berpesan untuk memperkuat sinergi dan inovasi dalam pengendalian inflasi pangan, dengan didukung oleh gerakan nasional pengendalian inflasi pangan, GNPIP.

Baca Juga: Bank Indonesia Terbitkan Sekuritas Rupiah Demi Menarik Investor Asing

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengapresiasi sinergi pengendalian inflasi dari para stakeholders.

Bank Indonesia juga terus memperkuat sinergi dengan pemerintah pusat dan daerah dalam pengendalian inflasi, termasuk meningkatkan peran 46 kantor perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

Inflasi Juli 2023 tercatat 3,08% kembali dalam kisaran sasaran 3 ±1%, dan menjadi yang terendah di antara negara anggota G20.

Inflasi rendah dipengaruhi sinergi kebijakan moneter dan fiskal dan koordinasi pengendalian inflasi pangan melalui GNPIP.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x