Kompas TV video vod

Momen Langka AHY dan Moeldoko Salaman di Rapat Kabinet Jokowi Jadi Sorotan

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 19:15 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Momen langka terjadi saat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta. Untuk pertama kalinya, Moeldoko dan Agus Harimurti Yudhoyono bersalaman usai sempat berseteru karena upaya pengambilalihan Partai Demokrat, sudah islah?

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bertemu pertama kalinya setelah sempat berseberangan di kisruh Partai Demokrat.

Keduanya bertemu saat mengikuti rapat kabinet di Istana Negara pada Senin (26/2/2024) siang.

Moeldoko yang tiba di istana belakangan sempat menyapa sejumlah menteri yang hadir.

Kemudian Moeldoko menghampiri AHY yang merupakan menteri baru di Kabinet Jokowi. AHY yang sedang  berbincang dengan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto langsung menyambut salaman dari Moeldoko.

AHY pun menjelaskan mengenai momen salaman tersebut. AHY menyebut momen salaman dengan Moeldoko adalah hal yang biasa.

AHY menyebut tak ingin membesar-besarkan perseteruan soal kepengurusan Partai Demokrat dengan Moeldoko. Terkait dualisme Partai Demokrat beberapa waktu lalu, AHY menyebut hal itu jadi pelajaran dalam perjalanan politiknya.

AHY pun mengaku saat bersalaman dengan Moeldoko tidak ada komunikasi.

Moeldoko lantas menjelaskan momen salaman dengan AHY. Moeldoko menyebut momen salaman itu merupakan hal yang biasa.

Lebih lanjut, Meoldoko membuka peluang mengundang AHY ke kantornya.

2021 lalu, internal Partai Demokrat pecah menjadi dua kubu. Sejumlah kader dan mantan kader Partai Demokrat menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara dan menunjuk Moeldoko sebagai ketua umum, padahal saat itu AHY masih resmi menjabat sebagai Ketum Demokrat periode 2020 hingga 2025.

Kubu AHY kemudian menilai KLB Deli Serdang merupakan kegiatan ilegal  karena digelar tak sesuai dengan ketentuan AD-ART Demokrat, yakni KLB hanya bisa dilakukan seizin ketua majelis tinggi yakni Susilo Bambang Yudhoyono.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x