Kompas TV advertorial

Tindak Lanjuti Arahan Presiden, Mentan SYL Targetkan Produksi 1 Juta Benih Kelapa

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 14:00 WIB
tindak-lanjuti-arahan-presiden-mentan-syl-targetkan-produksi-1-juta-benih-kelapa
Presiden Jokowi saat berdialog dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Sumber: Dok. Kementan)
Penulis : Adv Team

SERDANG, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo memberikan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) untuk mengembangkan dan menyebarkan benih kelapa genjah varietas pandan wangi Sumatra Utara (Sumut).

Menindaklanjuti arahan presiden, Mentan menargetkan produksi 1 juta benih kelapa yang akan difokuskan di beberapa daerah di Sumut dan Jawa.

Mentan SYL sempat berdialog dengan salah satu penangkar benih kelapa genjah binaan Direktorat Jenderal Perkebunan di Serdang Bedagai, Sumut, Kamis (7/7/22).

Baca Juga: Pemanfaatan Lahan Tidur TNI AU Jadi Pertanian Jagung, Kementan Berikan Bantuan Benih Bibit & Pupuk!

"Berapa produksi benih kelapa yang bisa ditargetkan dalam waktu dekat? Kita maksimalkan sampai 1 juta benih kelapa dan sebarkan ke daerah lain seperti Jawa, Sumatra terutama kita maksimalkan di Nias," ucap Mentan SYL. 

SYL mengatakan arahan Presiden Jokowi tersebut secara langsung disampaikan pada saat meninjau proses penelitian minyak makan merah di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Kota Medan.

Pemerintah mendorong pengembangan karena cara perawatannya mudah dan budidaya dapat dilakukan di lahan sempit.

Masyarakat bisa membudidayakannya di pekarangan rumah dan taman sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kelapa ini rasanya enak untuk dikonsumsi dan pohonnya tidak tinggi. Namun, buahnya banyak sehingga bisa dikembangkan di lahan sempit perkotaan. Sumber pendapatan masyarakat bisa lebih beragam lagi," cetus Mentat SYL.

Baca Juga: Tangani PMK, Kementan Siapkan 3 Juta Vaksin




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x