Kompas TV feature food story

Cobain Belalang Goreng, Makanan Ekstrem dari Gunung Kidul

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 19:02 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Episode kali ini berada di Yogyakarta. Berbeda dengan biasanya, di Yogyakarta kali ini Benoe akan mencicipi makanan yang unik dan ekstrim untuk dimakan, tetapi rasanya tetap sedap loh food lovers.

Makanan ekstrim yang pertama ingin dicobain Benoe ada di wilayah Gunung Kidul, Tepatnya di pinggir jalan Taman Hutan Raya Bunder. Di sekitar jalan ini banyak sekali penjual menu ekstrim yang dicari Benoe, yaitu belalang goreng. 

Wah belalang goreng, seperti apa yah food lovers? Kalau menurut Benoe rasanya gurih seperti rasa udang, meskipun belalang hanya ditambah bumbu dari bawang putih dan garam saja. Oh iya, food lovers ternyata belalang juga salah satu hewan yang mengandung kalsium dan protein tinggi loh.

Pantes saja yah food lovers, belalang berjenis walang kayu ini dikonsumsi warga Gunung Kidul sebagai camilan.

Selain buat camilan, belalang goreng juga dikonsumsi warga Gunung Kidul sebagai lauk yang biasanya disantap dengan nasi merah. Biar ga penasaran, Benoe langsung mencicipinya di rumah makan Nasi Merak Pari Gogo. 

Di rumah makan ini, belalang goreng tidak hanya disajikan bersama nasi, tetapi juga dilengkapi dengan menu lainnya seperti sambel rebung hijau, daun papaya, dan tumis toge.

Oh iya.. Food lovers belalang goreng disini rasanya gurih banget, karena digoreng sebanyak dua kali. Semakin sering digoreng memang rasa belalang ini semakin gurih dan renyah.

Disclaimer: Acara ini sudah pernah tayang di KompasTV dan diupload di channel YouTube Cerita Rasa tanggal 19 Agustus 2019.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x