Kompas TV nasional wisata

Profil Kepulauan Widi yang Hendak Dilelang di Situs Asing, Jadi Surga Nelayan dan Wisatawan

Kompas.tv - 15 Desember 2022, 19:16 WIB
profil-kepulauan-widi-yang-hendak-dilelang-di-situs-asing-jadi-surga-nelayan-dan-wisatawan
Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. (Sumber: ANTARA/Dok. Kabupaten Halmahera Selatan)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

HALMAHERA SELATAN, KOMPAS.TV – Belakangan ini sempat gaduh soal Kepulauan Widi di Halmahera Selatan, Maluku Utara yang dilelang secara terbuka lewat situs asing yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS), Sotheby's Concierge Auctions.

Bahkan, situs itu memberi peluang ke penawar tertinggi dengan deposit 100.000 dolar AS atau sekitar Rp1,5 miliar. Namun, polemik Kepulauan Widi akhirnya dinyatakan berakhir. Pemerintah pusat membatalkan hak pengelolaan PT Leadership Islands Indonesia atas kawasan tersebut.

Bagaimana daya tarik dan pesona Kepulauan Widi yang membuat investor hendak melelangnya? Berikut profil Kepulauan Widi.

Diketahui, Kepulauan Widi berada dalam status wilayah konservasi seluas 315.117,92 hektare, dengan zona inti 8.700 hektar dan zona pemanfaatan terbatas 306.000 hektar.

Mengutip website resmi Pemkab Halmahera Selatan, Kepulauan Widi, yang menyimpan sejuta pesona untuk wisatawan, terletak di Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku utara.

Berbagai pesona Kepulauan Widi

Melansir laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kepulauan Widi terdiri dari dua gugusan pulau, salah satunya gugusan Pulau Widi, serta 83 pulau.

Kepulauan Widi terdiri dari gugusan pulau kecil yang menjadi destinasi wisata dengan keindahan hamparan pasir putih. Ada dua atol, pulau karang berbentuk lingkaran atau gelang. Tak heran, kepulauan ini kerap dinyatakan sebagai tempat terindah di Provinsi Maluku Utara.  

Baca Juga: Polemik Pulau Widi Berakhir lewat Pembatalan Hak Kelola, Bupati Halmahera: Hati-hati dengan Investor

Tak hanya itu, keindahannya diiringi juga dengan keunikan sumber daya alam berupa flora dan fauna berbagai biota laut.

Potensi perairan Kepulauan Widi memiliki tutupan karang dengan kategori cukup hingga baik, yakni mulai 15 persen sampai 78 persen. Kerang keras di perairan Kepulauan Widi didominasi oleh Porites dengan persentase 16,27 persen.

Namun, banyak pula jenis karang lain yang menghuni lautan biru kepulauan ini, termasuk Montipora, Acropora, dan Pocillopora. Selain karang, perairan Kepulauan Widi juga menjadi habitat bagi ikan karang dari keluarga Acanthuridae.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x