Kompas TV regional agama

Salat Jumat Perdana di Masjid Sheikh Zayed Solo Penuh, Imam dari UEA, Gibran pun Hadir

Kompas.tv - 3 Maret 2023, 13:59 WIB
salat-jumat-perdana-di-masjid-sheikh-zayed-solo-penuh-imam-dari-uea-gibran-pun-hadir
Masjid Raya Sheikh Zayed Solo tampak dipenuhi jamaah yang hendak Salat Jumat hari ini, (3/3/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

SURAKARTA, KOMPAS.TV – Setelah resmi dibuka untuk publik pada Rabu 1 Maret 2023 lalu, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo tampak dipenuhi jamaah yang hendak Salat Jumat hari ini, (3/3/2023).

Memantau dari Tribunnews, terlihat Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka didampingi Komite Uni Emirated Arab juga melaksanakan Salat Jumat perdana di kebanggaan warga Solo itu.  Salat Jumat ini dipimpin oleh Sheikh Muhammad sebagai Imam.

Diketahui, tradisi yang diterapkan dalam masjid ini, nantinya Imam dipimpin langsung dari Uni  Emirated Arab (UEA), begitu juga kotbah menyesuaikan dari UEA, yakni menggunakan pengantar Bahasa Arab. Namun setelah Salat Jumat akan dibacakan rangkuman atau resume dari kotbah tersebut dalam Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Dampingi Ma’ruf Amin Salat di Masjid Sheikh Zayed Solo, Stafsus Wapres: Rasanya Seperti di Madinah

Adapun dalam kotbah Salat Jumat ini bertema "Bulan Syaban adalah Bulan Diangkatnya Amal-Amal Umat Muslim". Pesan atau inti kotbahnya menjelaskan Bulan Syaban adalah bulan yang penuh keberkahan maka alangkah indahnya jika kita menggunaka bulan ini untuk melaksanakn ketaatan.

Dijelaskan juga, anjuran untuk memperbanyak ibadah dan berdoa di Bulan Syaban mengingat, bulan ini merupakan permulaan bagi bulan Ramadhan.

Salat Jumat Perdana Di Masjid Sheikh Zayed Solo (Sumber: Tribunnews)

Kemudian, Allah pada bulan Syaban akan mengampuni semua makhluknya kecuali orang musrik, kecuali orang yang bermusuhan. Oleh karena itu, khatib juga berpesan untuk mengisi bulan sabat dengan memperbagus amal ibadah kita, menghindari konflik, dan perbanyak istighfar.

Usai Salat Jumat, masih tampak banyak pengunjung yang melihat-lihat atau bersantai di masjid ini. Beberapa diantaranya pun mengaku  kagum dengan keindahan masjid tersebut.

Baca Juga: Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan Bagikan 4.000 Takjil per Hari, Menag: Pihak UEA yang Nanggung

“Ini pertama kali, kebetulan sekalian mengajak teman dari Tangerang ke Masjib baru di Solo ini,” ujar Liliana salah satu pengunjung dari Yogyakarta yang juga turut salat berjamaah pada Salat Jumat perdana di masjid tersebut.

Selain itu, banyak juga rombongan lainnya yang hadir dalam Salat Jumat perdana di Masjid Sheikh Zayed.

“Kesan pertama kali, Masha Allah ini masjid yang sangat megah. Kami berharap masjid ini kedepannya bisa mengadakan acara pengajian,” ucap seorang warga Karanganyar.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x