Kompas TV entertainment musik

Ada Kekacauan Arus Keluar Konser Dewa 19 di JIS, APMI: Harus Benar-benar Disiapkan Secara Maksimal

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 10:04 WIB
ada-kekacauan-arus-keluar-konser-dewa-19-di-jis-apmi-harus-benar-benar-disiapkan-secara-maksimal
Konser Dewa 19 di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada Sabtu (4/2/2023) menuai banyak kritik dari penonton. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) Dino Hamid mengaku sudah menduga akan muncul kekacauan arus keluar dan lalu lintas usai konser Dewa 19 di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada Sabtu (4/2/2023) dini hari.

Menurut Dino, apa yang terjadi dalam konser Dewa 19 di JIS dengan sekitar 70 ribu penonton itu perlu dijadikan pelajaran bagi seluruh promotor yang hendak mengadakan perhelatan besar.

“Segala sesuatu pasti ada prosesnya, sisi positifnya kalau belum ada pelopor yang berani mencoba dengan skala besar seperti kemarin, mungkin sampai saat ini kita tidak akan pernah tahu apa saja yang harus diperbaiki dari JIS,” ujar Dino Minggu (5/2/2023).

Dino mengakui, meski aspek kapasitas sudah mumpini namun untuk akses masuk dan keluar serta kendaraan umum masih banyak kekurangan.

Baca Juga: Misi 2024 di Balik Kehadiran Para Elit Politik di Konser Dewa 19, Ini Kata Pengamat

“Kalau kapasitas stadion sih sudah mumpuni namun soal akses, flow setting, penempatan waktu, itu harus benar-benar disiapkan secara maksimal, karena balik lagi itu venue baru, kendaraan umumnya juga belum terintegrasi secara sempurna dan masih sangat terbatas,” ujar Dino.

Dino bercerita bahwa ia sempat dihubungi polisi untuk dimintai saran pengamanan meski tak terlinat dalam konser Dewa 19 kemarin.


 

Hal ini karena Dino pernah menggelar konser dengan bintang tamu asal Korea Selatan di JIS Oktober 2022 lalu. Namun, saat itu, jumlah penonton tidak sampai puluhan ribu.

Terkait rencana integrasi transportasi umum, Dino mengatakan pihak JIS masih dalam proses perbaikan. Hal itu juga berlaku pada kekurangan lainnya.

Hal itu terlihat pada sirkulasi udara stadion yang baik pada konser Dewa 19 lalu. Dino mengatakan pihak JIS telah belajar dari konser sebelumnya, di mana kurangnya blower menjadikan venue pengap.

“Saya yakin pihak JIS akan mencatat persoalan ini untuk perbaikan,” ucap dia.

Baca Juga: AHY-Anies Kompak Nonton Konser Dewa 19, Demokrat: Hal Wajar, Mereka Sahabat yang Kerap Tukar Pikiran

Sebelumnya konser Dewa 19 bertajuk “Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19” itu sukses digelar di JIS dengan penonton mencapai 70.000 orang.

Namun saat konser selesai, penonton sempat mengalami kekacauan saat mengakses pintu keluar. Penonton juga mengeluh karena tidak adanya trotoar dan transportasi umum yang mudah dijangkau.

Alhasil banyak penonton yang menumpahkam kekesalan mereka di media sosial Twitter. Dalam sebuah video yang beresar, terlihat ribuan orang terjebak di area JIS sampai berjam-jam.

Hal itu karena penonton terjebak di satu area jalanan yang sama dengan motor, mobil, shuttle bus. 



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x