Kompas TV entertainment selebriti

Ipay Ceritakan Duduk Perkara Kisruh Lagu Cinderella dengan Band Radja, Dimulai Tahun 2003

Kompas.tv - 22 Agustus 2023, 18:26 WIB
ipay-ceritakan-duduk-perkara-kisruh-lagu-cinderella-dengan-band-radja-dimulai-tahun-2003
Ipay (kiri) dan Ian Kasela (kanan). Ipay menceritakan duduk perkara kisruh hak cipta lagu Cinderella dengan Band Radja, Senin (21/8/2023) (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV Rival Achmad Labbaika alias Ipay menceritakan duduk perkara soal kisruh hak cipta lagu Cinderella yang dibawakan oleh band Radja yang digawangi oleh Ian Kasela.

Sebagai informasi, Ipay melakukan somasi dan menuntut Ian Kasela dan band Radja sebesar Rp20 miliar pada 23 Juli 2023 lalu terkait lagu Cinderella.

Menurut Ipay, cuma dia pencipta lagu Cinderella dan Ian Kasela tidak ikut menciptakan lagu tersebut. Namun, Radja menambahkan nama Ian sebagai pencipta lagu di album Langkah Baru (2004).

Ipay juga menduga Ian Kasela hanya mendaftarkan dirinya sendiri sebagai pencipta lagu Cinderella di Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) sehingga ia tidak diberi royalti sama sekali.

Berikut duduk perkara kisruh hak cipta lagu Cinderella.

Baca Juga: Bantah Klaim Ian Kasela soal Lagu Cinderella, Ipay: Saya Tidak Pernah Dapat Royalti Sedikit Pun

1. Dimulai pada 2003

Ipay menuturkan, polemik itu awalnya terjadi tahun 2003, saat grup band Radja merilis album kedua bertajuk Manusia Biasa, satu lagu di antaranya yakni Cinderella.

Sebelum bernama Cinderella, Ipay menyebut lagu yang orang kenal dipopulerkan band Radja itu berjudul Dongeng Cinderella yang diciptakannya tahun 1996.

Ian Kasela mengubungi Ipay dan meminta lagu Cinderella untuk dinyanyikan Band Radja. Semula, Ipay tidak mengizinkan Ian karena lagu tersebut sudah populer di radio sebelum Band Radja dikenal di panggung musik Indonesia.

Namun, Ipay menyebut dalam album kedua band Radja, Ian menuliskan pencipta lagu Cinderella adalah dirinya, bukan Ipay.

"Jadi dia (Ian) tulis nama dia tanpa ada surat kontrak, persetujuan, kesepakatan dengan saya selaku pencipta tunggal dan pemilik lagu. Tidak ada kesepakatan apa pun untuk saya dalam surat pernyataan, kan seharusnya seperti itu," ujar Ipay di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023).

Baca Juga: Kesal di 'Kick' Anji dari Grup Komposer, Ian Kasela: Apakah Sesama Musisi Enggak Ada Komunikasi?

2. Sudah Tegur Ian Kasela

Ipay menegaskan bahwa sebenarnya ia tak mau membawa konfliknya dengan Ian Kasela dan grup band Radja, terkait lagu Cinderella ke publik.

"Tapi setelah sekian lama tidak ada solusi dan rupanya harus jadi konsumsi publik, akhirnya saya speak up," kata Ipay.



Sumber : Kompas TV/Wartakota



BERITA LAINNYA



Close Ads x