Kompas TV entertainment selebriti

Profil Matthew Perry, si Chandler nan Sarkas di Sitkom Friends yang Meninggal Dunia di Usia 54 Tahun

Kompas.tv - 29 Oktober 2023, 10:35 WIB
profil-matthew-perry-si-chandler-nan-sarkas-di-sitkom-friends-yang-meninggal-dunia-di-usia-54-tahun
Potret Matthew Perry muda ketika ia bermain sitkom Friends berperan sebagai Chandler Bing tayang pada 1994-2004. Matthew Perry meninggal dunia di usia 54 tahun pada Sabtu (28/10/2023) (Sumber: Variety)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktor sitkom Friends, Matthew Perry meninggal dunia pada usia 54 tahun di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Sabtu (28/10/2023) waktu setempat.

Menurut laporan TMZ, Matthew Perry meninggal dunia di kediamannya dan ditemukan tak sadarkan diri di bak mandi air panas.

Petugas Departemen Kepolisian Los Angeles sedang menyelidiki penyebab kematian Matthew Perry.

Warner Bros Television Group yang memproduksi sitkom Friends menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Matthew.

“Kami sangat terpukul dengan meninggalnya sahabat kami Matthew Perry. Matthew adalah aktor yang sangat berbakat dan bagian yang tak terhapuskan dari keluarga Warner Bros Television Group."

Baca Juga: Bintang Friends Matthew Perry Meninggal Dunia di Bak Mandi, Polisi Selidiki Penyebabnya

"Dampak dari kejeniusan komedinya terasa di seluruh dunia, dan warisannya akan terus hidup di hati banyak orang. Ini adalah hari yang memilukan, dan kami menyampaikan cinta kami kepada keluarganya, orang-orang yang dicintainya, dan semua penggemar setianya," bunyi ucapan belasungkawa Warner Bros Television Group dikutip dari Los Angeles Times.

Profil Matthew Perry

Matthew Langford Perry adalah aktor ternama kebangsaan Amerika-Kanada yang lahir pada 19 Agustus 1969 di Williamstown, Massachusetts, AS.

Matthew adalah putra aktor John Bennett Perry dan Suzanne Marie Langford, mantan sekretaris pers Perdana Menteri Kanada Pierre Trudeau.

Orang tuanya berpisah ketika Matthew berusia 1 tahun. Ia memulai kariernya sebagai aktor cilik, menjadi bintang tamu di Charles in Charge dan Beverly Hills 90210.

Saat itu, ia merupakan lawan main River Phoenix dalam film A Night in the Life of Jimmy Reardon pada 1980-an dan awal 1990-an.

Karier Matthew kemudian semakin cemerlang ketika ia membintangi sitkom berjudul Friends, sebuah komedi situasi tentang enam warga New York yang menjalani masa dewasa.

Baca Juga: Putri Ariani Ikut Meriahkan Konser David Foster and Friends "Hitman Asia Tour 2023"

Ia terkenal berkat perannya sebagai Chandler Bing dalam Friends yang tayang perdana di NBC pada tahun 1994 hingga 2004.

Matthew berperan dalam sitkom Friends bersama Jennifer Aniston (Rachel Green), Courteney Cox (Monica Geller), Lisa Kudrow (Phoebe Buffay), Matt LeBlanc (Joey Tribbiani), dan David Schwimmer (Ross Geller).

Matthew memerankan tokoh Chandler Bing, teman sekamar Joey yang tinggal di seberang kamar apartemen Monica dan Rachel. Chandler disebut membenci pekerjaannya sebagai seorang eksekutif di perusahaan multinasional. Memiliki masalah komitmen, Chandler kerap menggunakan humor dan melempar candaan sarkas untuk mengatasi situasi canggung. Ia akhirnya menikah dengan Monica, adik Ross.

Berkat perannya dalam Friends, Matthew meraih penghargaan Emmy dan Golden Globe award sebagai aktor terbaik.


Selain bermain sitkom, Matthew Perry juga bermain beberapa film. Ini daftarnya.

  • Dance 'Til DawnRoger (1988)

  • Fools Rush InAlex Whitman (1997)

  • Almost HeroesLeslie Edwards (1998)

  • Three to TangoOscar Novak (1999)

  • The Whole Nine YardsNicholas 'Oz' Oseransky (2000)

  • Serving SaraJoe Tyler (2002)

  • The Whole Ten YardsNicholas 'Oz' Oseransky (2004)

  • The Ron Clark StoryRon Clarktelemovie (2006)

  • Numb (2007)

 



Sumber : Los Angeles Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x