Kompas TV internasional kompas dunia

Manny Pacquiao Ajukan Sertifikat Pencalonan untuk Pilpres Filipina 2022

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 10:43 WIB
manny-pacquiao-ajukan-sertifikat-pencalonan-untuk-pilpres-filipina-2022
Manny Pacquiao dan Lito Atienza mengajukan sertifikat pencalonan untuk bertanding dalam pemilihan presiden Filipina 2022, Jumat (1/10/2021). (Sumber: Inquirer.net)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Desy Afrianti

MANILA, KOMPAS.TV – Mantan petinju yang juga Senator Manny Pacquiao, Jumat (1/10/2021), mengajukan sertifikat pencalonan untuk bertanding dalam pemilihan presiden (pilpres) Filipina 2022.

Dia tiba di tempat pendaftaran sertifikat pencalonan di Sofitel, Pasay City pada pukul 09.00 ditemani sang istri, Jinkee.

Pacquiao secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia tinju pada Rabu (29/9/2021) lalu. Ia ditetapkan sebagai bakal calon presiden oleh faksi partai PDP-Laban yang dipimpinnya bersama Senator Aquilino Pimentel III dalam sebuah majelis nasional pada 19 September lalu.

Pasangan Pacquiao dalam Pilpres 2022, Lito Atienza, juga mengajukan sertifikat pencalonan di hari yang sama. Bakal calon wakil presiden itu merupakan mantan wali kota Manila City.

Pacquiao memulai karier politiknya dengan menjadi anggota Kongres dari Provinsi Sarangani pada 2010. Kemudian pada 2016, dia menjadi senator.

Baca Juga: Petinju Manny Pacquiao Maju Jadi Capres Filipina, Tuduh Duterte Lemah di Laut China Selatan

Kepada wartawan, Pacquiao mengungkapkan alasannya menggandeng Atienza.

“Saya memilih Atienza karena pertama-pertama, dia telah melayani rakyat Filipina selama 50 tahun lebih,” ungkapnya seperti dikutip dari media setempat, Inquirer.net.

“Saya melihat ketulusannya, keahliannya, dan keinginannya untuk membantu,” imbuhnya.

Sementara Atienza mengaku merasa terhormat dapat berpasangan dengan Pacquiao.

“Saya percaya Manny Pacquiao adalah satu-satunya yang dapat mengubah kehidupan rakyat Filipina. Jika dia mampu keluar dari kemiskinan, dia akan melakukan yang sama untuk mengubah situasi kita,” ujarnya.

“Manny Pacquiao dilahirkan dalam keadaan miskin, tapi saya melihat kerja keras dan tekadnya,” kata Atienza.

Dalam survei yang diadakan Pulse Asia, Pacquiao menempati posisi keempat dengan raihan 12 persen suara di antara enam bakal calon presiden Filipina.

Baca Juga: Manny Pacquiao Umumkan Pensiun dari Ring Tinju

 



Sumber : Kompas TV/Inquirer.net



BERITA LAINNYA



Close Ads x