Kompas TV internasional kompas dunia

Media Taiwan Klaim Ketua DPR AS Sudah Pesan Hotel di Taipei, China Tak Akan Tinggal Diam

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 15:21 WIB
media-taiwan-klaim-ketua-dpr-as-sudah-pesan-hotel-di-taipei-china-tak-akan-tinggal-diam
Ilustrasi. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi (berbaju pink) melambaikan tangan saat tiba di gedung parlemen di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (2/8/2022). Pada Senin (1/8/2022), sebuah stasiun televisi Taiwan merilis laporan yang mengklaim bahwa Ketua DPR AS Nancy Pelosi akan mengunjungi Taipei dan kemungkinan tiba pada Selasa (2/8/2022). (Sumber: Departemen Informasi Malaysia via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Televisi asal Taiwan merilis laporan yang mengklaim bahwa Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi jadi mengunjungi Taipei dan bahkan telah memesan hotel.

Menurut laporan TVBS News via RT yang disiarkan pada Senin (1/8/2022), dengan mewawancarai sumber-sumber yang tidak diungkapkan identitasnya, Pelosi dan rombongan kemungkinan akan tiba di Tiapei pada Selasa (2/8) hari ini.

Menurut laporan tersebut, Pelosi dan rombongan memesan kamar di Hotel Grand Hyatt di Distrik Xinyi, timur Taipei.

Skenario pengamanan pejabat AS itu beserta rombongan juga dilaporkan telah dibuat.

Pelosi dan rombongan pun dirumorkan memesan satu hotel lain di Distrik Zhongshan.

Baca Juga: Soal Isu Kunjungan Pelosi ke Taiwan, Beijing: Tentara China Tidak Akan Tinggal Diam

Isu kunjungan Pelosi ke Taiwan sendiri telah menjadi isu panas sejak akhir Juli lalu. Pejabat AS tersebut dilaporkan berniat mengunjungi Taipei ketika bersafari kunjungan ke Asia.

Pelosi dijadwalkan menyambangi Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang. Namun, ketika disinggung mengenai isu kunjungan ke Taiwan, ia enggan menjawabnya secara spesifik.


Pemerintah China sendiri merespons tegas isu kunjungan Pelosi ke Taiwan. Beijing memperingatkan Washington bahwa tentaranya tidak akan tinggal diam jika kunjungan itu terjadi.

Akhir pekan lalu, militer China menggelar latihan di perairan seberang Taiwan. Sementara pada akhir Juli lalu, AS juga mengerahkan kapal induknya ke Laut China Selatan.

Baca Juga: Xi Jinping Sebut AS Salah Musuhi China, Malah Ajak Joe Biden Sama-Sama Pimpin Perdamaian Dunia


 



Sumber : Kompas TV/RT



BERITA LAINNYA



Close Ads x