Kompas TV internasional kompas dunia

WHO: Gelombang Baru Covid-19 Muncul di Eropa

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 00:35 WIB
who-gelombang-baru-covid-19-muncul-di-eropa
Suasana kota London saat pandemi Covid-19. (Sumber: Shutterstock/ Mario Delgado.)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersama Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) mengatakan, gelombang baru Covid-19 tampaknya telah muncul di Eropa. 

Menurut data regional dari WHO, Eropa menjadi wilayah yang mencatatkan peningkatan kasus dalam sepekan per 2 Oktober lalu. 

Badan PBB itu mencatat ada peningkatan 8 persen dari pekan sebelumnya. 

"Meskipun kita tidak berada di titik di mana kita berada satu tahun yang lalu, jelas bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir,” kata Direktur WHO Eropa, Hans Kluge dan Direktur ECDC, Andrea Ammon, dalam pernyataan bersama mereka, Rabu (12/10/2022). 

“Sayangnya kami melihat indikator meningkat lagi di Eropa, menunjukkan bahwa gelombang infeksi lain telah dimulai,” imbuh pernyataan tersebut. 

Dalam catatan WHO dan ECDC, jutaan orang di seluruh Eropa belum divaksinasi Covid-19. 

Baca Juga: Dirjen WHO Tegaskan Pandemi Covid-19 Belum Selesai

Kedua badan kesehatan itu pun mendesak agar negara-negara Eropa segera memberikan vaksin flu dan Covid-19 menjelang lonjakan kasus influenza musiman yang diperkirakan akan segera datang. 

“Potensi peredaran bersama Covid-19 dan influenza musiman akan menempatkan orang-orang yang rentan pada peningkatan risiko penyakit parah dan kematian, dengan kemungkinan peningkatan tekanan pada rumah sakit dan petugas kesehatan, yang sudah kelelahan selama hampir tiga tahun di garis depan perawatan kesehatan pandemi,” lanjut pernyataan tersebut. 

“Tidak ada waktu untuk kehilangan,” ucap mereka.



Sumber : Al Jazeera



BERITA LAINNYA



Close Ads x