Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Lagi, Pesawat Tempur Rusia Jatuh dan Tabrak Rumah Warga, Dua Pilot Tewas

Kompas.tv - 23 Oktober 2022, 21:22 WIB
lagi-pesawat-tempur-rusia-jatuh-dan-tabrak-rumah-warga-dua-pilot-tewas
Rumah warga di Irkutsk, kawasan Siberia, Rusia, terbakar usai ditabrak jet tempur Sukhoi Su-30 milik Angkatan Udara Rusia, Minggu (23/10/2022). (Sumber: Nexta TV via Twitter)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MOSKOW, KOMPAS.TV - Sebuah pesawat tempur Sukhoi Su-30 Rusia jatuh dan menabrak rumah warga di Irkutsk, kawasan Siberia, Minggu (23/10/2022). Kedua pilot dinyatakan tewas dalam insiden ini.

Insiden ini adalah kecelakaan pesawat tempur Rusia kedua dalam kurun kurang dari sepekan. Awal pekan ini, sebuah pesawat pengebom Sukhoi Su-34 menabrak gedung apartemen di Yeysk, menewaskan 15 orang.

Associated Press melaporkan, insiden kecelakaan ini dinilai mencerminkan tekanan terhadap Angkatan Udara Rusia yang bertambah seiring berlanjutnya perang di Ukraina.

Baca Juga: Pesawat Tempur Kebakaran Mesin dan Tabrak Apartemen di Rusia, 15 Orang Tewas akibat Ledakan Dahsyat


Gubernur Irkutsk Igor Kobzev menyebut jet tempur itu jatuh dan menabrak sebuah gedung dua lantai yang ditempati dua keluarga.

Irkutsk, sebuah pusat industri dengan penduduk lebih dari 600.000 jiwa, merupakan salah satu pusat pabrik yang memproduksi jet Sukhoi seri S-30.

Jet Sukhoi Su-30 yang jatuh di Irkutsk adalah jet tempur mesin ganda yang menjadi komponen penting Angkatan Udara Rusia. Pesawat seri ini juga digunakan oleh China, India, dan banyak negara lain.

United Aircraft Corporation, BUMN manufaktur pesawat Rusia, menyatakan bahwa Sukhoi Su-30 yang jatuh di Irkutsk mengalami kecelakaan saat penerbangan latihan sebelum dikirim ke angkatan udara. Jet ini tidak membawa senjata saat kejadian.

Hingga berita ini diturunkan, penyebab kecelakaan belum jelas dan penyelidikan resmi telah dimulai.

Kecelakaan ini sempat terekam kamera surveilans. Video yang beredar di media sosial Rusia menunjukkan pesawat itu jatuh menukik hampir secara vertikal.

Pesawat yang jatuh kemudian meledak dan menyebabkan kebakaran.

Baca Juga: 6 Orang Hilang Dalam Kecelakaan Pesawat di Perairan Karibia Masih Dalam Pencarian!




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x