Kompas TV internasional kompas dunia

Milan Kundera, Penulis Besar Ceko dan Mantan Disiden, Wafat di Paris pada Usia 94 Tahun

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 19:05 WIB
milan-kundera-penulis-besar-ceko-dan-mantan-disiden-wafat-di-paris-pada-usia-94-tahun
Milan Kundera, yang tulisannya sebagai seorang disiden di Cekoslowakia komunis mengubahnya menjadi seorang satiris pengasingan terhadap totaliterisme, meninggal di Paris pada usia 94 tahun, demikian dikabarkan media Ceko pada hari Rabu, (12/7/2023). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS.TV - Milan Kundera, yang tulisannya sebagai seorang disiden atau pembangkang di Cekoslowakia komunis mengubahnya menjadi seorang satiris pengasingan terhadap totaliterisme, meninggal di Paris pada usia 94 tahun, demikian dikabarkan media Ceko, Rabu (12/7/2023).

Novel terkenal Kundera, The Unbearable Lightness of Being secara menyakitkan menggambarkan tank Soviet yang melintasi Praha, ibu kota Ceko yang merupakan rumah penulis tersebut sebelum ia pindah ke Prancis tahun 1975.

Melansir Associated Press, dengan menggabungkan tema cinta dan pengasingan, politik, dan hal-hal yang sangat pribadi, novel Kundera mendapatkan pujian kritis, dan mendapat banyak pembaca di kalangan orang Barat yang menyukai subversi anti-Sovietnya serta erotisme yang melintasi banyak karyanya.

"Jika seseorang memberitahuku saat aku masih anak: Suatu hari nanti kamu akan melihat negaramu lenyap dari dunia, aku pasti akan menganggapnya omong kosong, sesuatu yang tidak mungkin aku bayangkan. Seseorang tahu bahwa dia fana, tetapi dia menganggapnya sebagai sesuatu yang pasti bahwa negaranya abadi," katanya kepada penulis Philip Roth dalam wawancara New York Times pada tahun 1980, setahun sebelum ia menjadi warga negara Prancis.

Tahun 1989, Revolusi Beludru mengusir Komunis dari kekuasaan dan negara Kundera terlahir kembali sebagai Republik Ceko, tetapi pada saat itu ia telah menjalani kehidupan baru dan identitas yang lengkap di apartemennya di tepi kiri Sungai Seine, Paris.

Mengatakan bahwa hubungannya dengan tanah kelahirannya rumit adalah sebuah pernyataan yang kurang tepat. Ia jarang kembali ke Republik Ceko dan selalu menyamar, bahkan setelah runtuhnya Tembok Besi. Karya-karya terakhirnya yang ditulis dalam bahasa Prancis tidak pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Ceko.

The Unbearable Lightness of Being’ yang membuatnya mendapat pujian dan diadaptasi menjadi film pada tahun 1988, tidak diterbitkan di Republik Ceko hingga tahun 2006, 17 tahun setelah Revolusi Beludru, meskipun sudah tersedia dalam bahasa Ceko sejak tahun 1985 dari seorang sesama warga negara yang mendirikan penerbitan di pengasingan di Kanada.

Baca Juga: Profil Reza Gunawan, Suami Penulis Dee Lestari yang Meninggal Dunia akibat Stroke

Milan Kundera, yang tulisannya sebagai seorang disiden di Cekoslowakia komunis mengubahnya menjadi seorang satiris pengasingan terhadap totaliterisme, meninggal di Paris pada usia 94 tahun, demikian dikabarkan media Ceko pada hari Rabu, (12/7/2023). (Sumber: Deutsche Welle)

Novel tersebut menduduki posisi teratas daftar buku terlaris selama berbulan-bulan, dan pada tahun berikutnya, Kundera memenangkan Penghargaan Negara untuk Sastra atas karyanya tersebut.

Istri Kundera, Vera Kunderova, adalah pendamping penting bagi Kundera yang penyendiri dan enggan menggunakan teknologi, bertugas sebagai penerjemah, sekretaris sosialnya, dan pada akhirnya sebagai pelindungnya dari dunia luar.

Dialah yang memfasilitasi persahabatannya dengan Roth dengan menjadi perantara bahasa mereka, dan, menurut profil pasangan tersebut pada tahun 1985, dialah yang mengambil teleponnya dan menangani permintaan yang tak terelakkan bagi seorang penulis terkenal.

Karya-karya Kundera, yang novel pertamanya The Joke dimulai dengan seorang pemuda yang dihukum kerja tambang setelah meremehkan slogan komunis, dilarang di Cekoslowakia setelah invasi Soviet ke Praha pada tahun 1968, ketika ia juga kehilangan pekerjaannya sebagai seorang profesor sinema. Ia telah menulis novel dan drama sejak tahun 1953.

The Unbearable Lightness of Being mengikuti perjalanan seorang ahli bedah disiden dari Praha menuju pengasingan di Jenewa dan kembali pulang. Karena menolak tunduk pada rezim Komunis, ahli bedah bernama Tomas dipaksa menjadi seorang pembersih jendela dan menggunakan profesi barunya itu untuk mengatur hubungan seks dengan ratusan klien perempuan. Tomas akhirnya menjalani hari-hari terakhirnya di pedesaan bersama istrinya, Tereza, kehidupan mereka menjadi semakin seperti mimpi dan semakin nyata seiring berlalunya waktu.

Jiri Srstka, agen sastra Ceko Kundera pada saat buku tersebut akhirnya diterbitkan di Republik Ceko, mengatakan sang penulis sendiri menunda penerbitan di sana karena khawatir akan diedit dengan buruk.

"Kundera harus membaca seluruh bukunya lagi, menulis ulang bagian-bagian, menambahkan dan mengedit seluruh teks. Jadi, mengingat perfeksionismenya, ini adalah pekerjaan jangka panjang, tetapi sekarang para pembaca mendapatkan buku yang menurut Milan Kundera seharusnya ada," kata Ststka kepada Radio Praha saat itu.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x