Kompas TV internasional kompas dunia

Libya Tuntut Beirut Usai Foto Sel Tahanan Anak Muammar Khadafi Bocor ke Publik

Kompas.tv - 30 April 2024, 10:41 WIB
libya-tuntut-beirut-usai-foto-sel-tahanan-anak-muammar-khadafi-bocor-ke-publik
Hannibal Khadafi tahun 2011 sebelum Libya diserang Barat dan ayahnya, Muammar Khadafi, dibunuh. Foto-foto yang bocor tentang putra pemimpin Libya yang telah meninggal, Muammar Khadafi, dan sel bawah tanah kecil tempat dia ditahan selama bertahun-tahun di Lebanon telah menimbulkan kemarahan di negara Afrika utara itu, sementara otoritas Libya menuntut perbaikan. (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

BEIRUT, KOMPAS TV - Foto-foto yang bocor tentang anak laki-laki pemimpin Libya yang tewas terbunuh, Muammar Khadafi, dan sel bawah tanah kecil tempat dia ditahan selama bertahun-tahun di Lebanon menimbulkan kemarahan di Libya. Otoritas di Tripoli menuntut Lebanon menjaga martabat dan perbaikan kondisi hidup anak Muammar, Hannibal Khadafi. 

Foto-foto tersebut memperlihatkan ruangan tanpa cahaya alami yang penuh dengan barang-barang. Terlihat sebuah tempat tidur, dan toilet kecil. "Saya hidup dalam penderitaan," kata Hannibal seperti yang dikutip oleh Al-Jadeed TV dalam siaran Sabtu malam (27/4/2024). Hannibal disebut  tahanan politik dalam kasus yang dia tidak punya informasi tentangnya.

Dua pejabat kehakiman Lebanon memastikan kepada Associated Press hari Senin, (29/4/2024), bahwa foto-foto yang ditayangkan oleh Al-Jadeed adalah memang anak dari mantan pemimpin Libya berpangkat kolonel tersebut. Dan sel tempat dia ditahan selama bertahun-tahun di markas polisi di Beirut pun benar. Hannibal terlihat sehat, dengan janggut tipis dan kacamata.

Seseorang yang biasanya berhubungan dengan Hannibal,  seorang warga Libya, mengatakan foto-foto itu diambil beberapa hari terakhir. Semua berbicara dengan syarat anonim karena tidak diizinkan untuk berbicara kepada media.

Hannibal ditahan di Lebanon sejak 2015 setelah dia diculik dari Suriah, di mana dia tinggal sebagai pengungsi politik. Dia diculik oleh militan Lebanon yang menuntut informasi tentang nasib ulama Syiah Lebanon terkemuka Moussa Al-Sadr, yang menghilang selama perjalanan ke Libya pada tahun 1978.

Nasib Al-Sadr menjadi perkara sensitif di Lebanon. Keluarganya percaya dia mungkin masih hidup di penjara Libya, meskipun kebanyakan orang Lebanon menganggap Al-Sadr, yang sekarang berusia 95 tahun, telah meninggal.

Delegasi Libya mengunjungi Beirut bulan Januari untuk membuka kembali pembicaraan dengan pejabat Lebanon tentang nasib Al-Sadr dan pembebasan Hannibal.

Pembicaraan tersebut bertujuan untuk mengaktifkan kembali perjanjian antara Lebanon dan Libya yang tidak aktif, disepakati pada tahun 2014, untuk kerjasama dalam penyelidikan Al-Sadr. Delegasi tersebut tidak kembali ke Beirut seperti yang direncanakan.

Baca Juga: Pengadilan Libya Putuskan Anak Muammar Khadafi Berhak Ikut Pemilu Presiden

Pemimpin Libya Moammar Khadafi tewas dibunuh rakyatnya sendiri dalam pemberontakan yang didalangi Amerika Serikat dan didukung NATO. (Sumber: AP Photo)



Sumber : Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x