Kompas TV lifestyle kesehatan

Jangan Pandang Sebelah Mata, 7 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Cegah Diabetes, Diterapkan Sejak Pagi

Kompas.tv - 15 November 2023, 05:00 WIB
jangan-pandang-sebelah-mata-7-kebiasaan-sederhana-ini-bisa-cegah-diabetes-diterapkan-sejak-pagi
Ilustrasi Orang yang Terkena Diabetes (Sumber: rawpixel.com on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Diabetes mellitus adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius, seperti penyakit jantung, stroke, kebutaan, dan gagal ginjal.

Diabetes dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik, gaya hidup, dan lingkungan. Gaya hidup tidak sehat merupakan risiko utama penyebab diabetes, seperti pola makan tidak sehat, obesitas, dan kurang olahraga.

Rutinitas yang dilakukan pada pagi hari juga memiliki pengaruh jangka panjang terhadap gula darah. Sebab menurut WebMD, kadar gula darah akan mengalami lonjakan di pagi hari, yaitu pukul 2 dini hari hingga 8 pagi. 

Baca Juga: 14 November Sebagai Hari Diabetes Sedunia: Begini Sejarah Hingga Cara Memperingatinya

Penting untuk melakukan kebiasaan sederhana untuk mencegah diabetes sejak pagi hari.

Berikut adalah 7 kebiasaan sederhana yang dapat membantu mencegah diabetes:

1. Menjaga berat badan ideal

Obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama diabetes tipe 2. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Orang dewasa disarankan untuk berolahraga setidaknya 150 menit per minggu.

3. Makan makanan sehat

Pola makan sehat dapat membantu menurunkan risiko diabetes. Pastikan untuk mengonsumsi banyak buah, sayuran, dan biji-bijian utuh. 

Hindari makanan olahan, makanan manis, dan makanan berlemak tinggi.

4. Mengelola stres

Stres dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik. Beberapa cara untuk mengelola stres antara lain yoga, meditasi, dan latihan pernapasan.

5. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Oleh karena itu, penting untuk berhenti merokok jika Anda ingin mencegah diabetes.

Baca Juga: Aplikasi Masdarmin, Bantu Cegah Diabetes Melitus di Semarang

6. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup dapat membantu menjaga hidrasi tubuh dan mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

7. Melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin

Pemeriksaan gula darah secara rutin dapat membantu mendeteksi diabetes sejak dini. Jika Anda memiliki faktor risiko diabetes, sebaiknya lakukan pemeriksaan gula darah secara rutin setiap tiga tahun sekali.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x