Kompas TV lifestyle beauty and fashion

6 Cara Mudah Mencegah Bibir Kering saat Berpuasa, Salah Satunya Jangan Menjilatinya

Kompas.tv - 16 Maret 2024, 03:35 WIB
6-cara-mudah-mencegah-bibir-kering-saat-berpuasa-salah-satunya-jangan-menjilatinya
Ilustrasi. Cara mencegah bibir kering saat berpuasa. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat menjalani ibadah puasa, banyak orang yang mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi ini tentu bisa membuat tidak nyaman dan mempengaruhi penampilan seseorang.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga bibir tetap lembab selama berpuasa. Dengan demikian, ibadah puasa dapat berjalan dengan nyaman tanpa terganggu oleh bibir kering.

6 Cara Mudah Mencegah Bibir Kering saat Berpuasa

Dilansir Kompas.com, berikut 6 cara mudah mencegah bibir kering saat berpuasa.

1. Jangan Menjilat Bibir

Ketika bibir terasa kering, orang-orang biasanya akan menjilatnya untuk mencoba melembapkannya dengan air liur. Namun, tindakan ini justru dapat memperburuk kekeringan bibir.

Dr. Arini Astasari Widodo, seorang spesialis kulit, kelamin, dan estetik, menyarankan agar menghindari menjilat bibir yang kering selama berpuasa.

"Jika bibir kering, hindari untuk sering menjilat atau menghisapnya karena hal tersebut akan membuat kulit bibir semakin kehilangan kelembapan," ungkapnya.

Baca Juga: Simak, 6 Cara Efektif Agar Terhindar Dehidrasi saat Berpuasa: Hindari Garam Hingga Kafein

2. Gunakan Lip Balm

Cara lainnya untuk mencegah bibir kering saat berpuasa adalah dengan menggunakan produk pelembap bibir. Kandungan dalam lip balm dapat membantu menjaga kelembapan kulit bibir.

"Gunakan lip balm, butter, atau lip oil. Lebih baik pilih yang memiliki kandungan hypoallergenic untuk menghindari iritasi atau alergi pada kulit," kata Arini.

Jika diperlukan, aplikasikan produk pelembap bibir lebih dari sekali atau lebih sering selama berpuasa, dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Dengan begitu, kandungan dalam produk tersebut dapat membantu menjaga kelembapan bibir untuk waktu yang lebih lama.

3. Penuhi Asupan Air saat Berbuka Puasa

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama berpuasa sangat penting. Salah satunya dengan memastikan untuk minum cukup air saat berbuka dan sahur.

Baca Juga: Catat! Inilah 7 Cara Menambah Berat Badan Selama Bulan Ramadan



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x