Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Perhatikan, Ini 5 Risiko Operasi Lesung Pipi yang Perlu Diketahui

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 06:40 WIB
perhatikan-ini-5-risiko-operasi-lesung-pipi-yang-perlu-diketahui
Ilustrasi. Operasi lesung pipi merupakan prosedur invasif minimal yang dilakukan untuk menciptakan tampilan lesung pipi alami di salah satu atau kedua pipi. (Sumber: wayhomestudio on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Operasi lesung pipi atau dimpleplasty untuk mempercantik diri, diprediksi akan semakin populer pada 2024. Lesung pipi umumnya terjadi secara alami dari lekukan pada dermis karena disebabkan otot wajah yang lebih dalam. 

Lesung pipi juga dianggap sebagai bagian dari kecantikan bahkan tanda keberuntungan. Hal itu membuat banyak orang ingin memiliki lesung pipi.

Operasi lesung pipi merupakan prosedur invasif minimal yang dilakukan untuk menciptakan tampilan lesung pipi alami di salah satu atau kedua pipi.

Baca Juga: Asal-usul Senyum Manis Berlesung Pipi Pemikat Hati

Dikutip dari laman Nasional Institutes of Health, banyak wanita yang rela mengeluarkan uang untuk operasi lesung pipi agar tampak lebih cantik. Diperkirakan biaya untuk operasi lesung pipi berkisar 1.500 dolar AS atau sekitar Rp23,6 juta.

Namun perlu diketahui, melakukan prosedur operasi lesung pipi bukanlah suatu tindakan medis. Operasi lesung pipi banyak dilakukan karena alasan estetika belaka. 

Risiko Operasi Lesung Pipi yang Perlu Diketahui

Dilansir laman Very Well Health, pembedahan dilakukan dengan membuat jaringan parut di dermis antara otot-otot wajah. Tindakan tersebut dilakukan dengan menggunakan instrumen kecil untuk membuat sayatan dan melibatkan pengangkatan sejumlah kecil jaringan. 

Dokter biasanya menggunakan anestesi lokal, sehingga pasien akan tetap sadar selama operasi. Biasanya, satu sayatan, berukuran sekitar 2 sentimeter dibuat untuk setiap lesung pipi. 

Secara keseluruhan, operasi lesung pipi aman, dan komplikasi jarang terjadi. Namun, bukan berarti prosedur ini bebas dari risiko. 

Berikut beberapa risiko operasi lesung pipi yang perlu diketahui.

1. Pendarahan

Pendarahan pascaoperasi umumnya wajar terjadi. Namun, pendarahan yang berlebihan di tempat sayatan perlu diwaspadai. 

Tanda-tanda pendarahan berlebihan antara lain darah mengalir melalui perban, darah menggumpal, atau nyeri pada bekas operasi yang tak tertahankan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x