Kompas TV nasional kompas petang

Ini Daerah dengan Potensi Cuaca Ekstrem Mulai 30 Oktober hingga 4 November

Kompas.tv - 30 Oktober 2021, 18:06 WIB
ini-daerah-dengan-potensi-cuaca-ekstrem-mulai-30-oktober-hingga-4-november
BMKG memperingatkan kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem mulai 30 Oktober 2021 hingga 4 November 2021, di sejumlah daerah di Indonesia. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS. TV – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem mulai 30 Oktober 2021 hingga 4 November 2021, di sejumlah daerah di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan beberapa daerah yang harus mewaspadai cuaca ekstrem tersebut.

“Kalau kita melihat dari prakiraan cuaca tools signature BMKG, untuk tanggal 30 ada status siaga di Jakarta Timur di Kecamatan Duren Sawit, Makassar, Kramat Jati, dan Jatinegara. Jaksel ada di Pancoran dan Tebet, Bekasi ada di Jatiasih,” jelasnya saat menjadi narasumber di acara Kompas Petang KOMPAS TV, Sabtu (30/10/2021).

Dia menambahkan, beberapa wilayah berstatus awas, seperti Bogor, Ciputat, Cibinong, dan Depok.

Baca Juga: Waspada Cuaca Buruk, Banjir Hingga Puting Beliung Terjang Sejumlah Daerah

Sementara untuk tanggal 31 Oktober, potensi cuaca ekstrem masih bisa terjadi di Tangerang, Jakarta Utara, Bogor, Depok, dan Kota Bekasi.

Sedangkan pada 1 November adalah  Kota Bekasi, Tangerng Selatan, Kota Tamgerang, dan Bogor.

“Yang harus diwaspadai adalah adanya hujan lebat dengan intensitas lebih besar dari 50 mm per hari, kemudian potensi angin kencang dengan kecepatan melebihi 45 km/jam,” tambahnya.

Hal lain yang juga harus diwaspadai adalah potensi hujan lebat disertai kilat dan petir, termasuk kemungkinan terjadi hujan es jika inti kondensasi yang terbentuk di udara masih jatuh berupa butiran.

Dia menjelaskan, BMKG mengategorikan curah hujan menjadi beberapa kategori, yakni hujan ringan, hujan sedang, hujan lebat, sangat lebat, dan ekstrem.

“Untuk 50 mm lebih per hari itu kategori hujan lebat, bisa 100 bisa 150, bisa sangat ekstrem.”

Hujan lebat seperti ini biasanya dapat diikuti dengan bencana  hidrometeorologi jika kondisi lingkungan tidak bagus, termasuk daya dukung dan daya tampung, seperti sungai dan drainase perkotaan tersumbat.

“Itu bisa mengakibatkan bencana seperti banjir dan tanah longsor,” ucapnya.

Selain Jabodetabek, jika melihat dari prakiraan BMKG, lanjut Guswanto, curah hujan yang probabilitasnya lebih 60 persen, untuk tanggal 30 Oktober ada di daerah Banten, DKI Jakarta, Jabar, dan Jatim.

Baca Juga: Waspada! BPBD Ingatkan Cuaca Ekstrem di Jakarta pada 30-31 Oktober 2021

“Untuk tanggal 30 dan 31 ada Jawa Barat dan Jawa Tengah, itu untuk kategori siaga.”

Daerah lain yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga dapat terjadi di Sumatera bagian tengah dan selatan, sebagian besar Jawa, Kalimantan bagian tengah dan selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua Barat, dan Papua.

“Ini yang perlu diwaspadai untuk 30 Oktober hingga 4 November,” tambahnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x