Kompas TV nasional peristiwa

Berita Populer: Kasus Omicron Bertambah, Pemberangkatan Umrah Ditunda, Anies Revisi UMP DKI Jakarta

Kompas.tv - 19 Desember 2021, 05:39 WIB
berita-populer-kasus-omicron-bertambah-pemberangkatan-umrah-ditunda-anies-revisi-ump-dki-jakarta
Ilustrasi virus Corona varian Omicron. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, dua pasien terkonfirmasi varian Omicron yang baru merupakan pelaku perjalanan luar negeri masing-masing berangkat dari Inggris dan Amerika Selatan. (Sumber: France24)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut sejumlah berita yang menjadi sorotan berita populer sepanjang Sabtu (18/12/2021) di KOMPAS.TV.

Berita populer pertama, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, dua pasien terkonfirmasi varian Omicron yang baru merupakan pelaku perjalanan luar negeri masing-masing berangkat dari Inggris dan Amerika Selatan.

Saat ini, dua pasien tersebut berada di Wisma Atlet untuk menjalani karantina.

Berita populer kedua, Pemerintah menunda keberangkatan jemaah umrah yang rencananya mulai berangkat pada 23 Desember 2021. Penundaan ini disebabkan adanya varian baru B.1.1.529 atau Omicron.

Penundaan ini lantaran mempertimbangkan perlindungan kesehatan dan keselamatan jemaah umrah Indonesia di tengah pandemi Covid-19 terlebih setelah adanya varian baru Omicron.

Kemudian berita populer ketiga, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaikkan upah minimum provinsi (UMP) tahun 2022 sebesar 5,1 persen. Dengan demikian UMP Jakarta tahun 2022 kini sejumlah Rp4.641.854 atau naik Rp225.667 dibanding 2021.

Berikut rangkuman berita populer Kompas.tv sepanjang Sabtu (18/12) kemarin.

1. Kasus Omicron Bertambah

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, dua pasien terkonfirmasi varian Omicron yang baru merupakan pelaku perjalanan luar negeri masing-masing berangkat dari Inggris dan Amerika Selatan.

Saat ini, dua pasien tersebut berada di Wisma Atlet untuk menjalani karantina.

Demikian Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dalam keterangannya, Sabtu (18/12/2021).

Baca Juga: 2 Kasus Omicron dari Perjalanan Internasional, Satgas Covid-19 Imbau WNI Tunda Pulang ke Tanah Air

“Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet,” ungkap Nadia.

Nadia menjelaskan, dua pasien tersebut terkonfirmasi Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan sampel dari lima kasus probable Omicron yang berasal dari para pelaku perjalanan internasional.

Terkait dengan temuan ini, Nadia pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk sementara. Terlebih mengingat laju penyebaran Omicron terbukti sangat cepat.

“Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari Covid-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya,” ujarnya.

“Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini,” tambah Nadia.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x