Kompas TV nasional peristiwa

Duet Uni dan Khairiah Lubis Kembali Pimpin Forum Jurnalis Perempuan Indonesia

Kompas.tv - 5 Februari 2022, 19:55 WIB
duet-uni-dan-khairiah-lubis-kembali-pimpin-forum-jurnalis-perempuan-indonesia
Ilustrasi media. Uni Zulfiani Lubis (Uni Lubis) kembali terpilih menjadi Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) periode 2021-2024. (Sumber: Getty Images/iStockphoto)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uni Zulfiani Lubis (Uni Lubis) kembali terpilih menjadi Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) periode 2021-2024. Pemimpin redaksi IDN Times ini juga untuk yang kedua kalinya berpasangan dengan Khairiah Lubis sebagai sekretaris jenderal (sekjen).

Keduanya terpilih secara aklamasi dalam Kongres Nasional II FJPI yang digelar secara virtual, Sabtu (5/2/2022). Pemilihan secara virtual ini dihadiri oleh sebelas perwakilan cabang FJPI dari seluruh Indonesia, yakni Sumatera Utara, Aceh, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Dalam kongres ini, semua cabang FJPI masih mengusulkan Uni Lubis dan Khairiyah Lubis kembali memimpin FJPI.

Baca Juga: Sosok Rohana Kuddus, Pahlawan Nasional dan Jurnalis Perempuan Pertama di Indonesia

“Terima kasih untuk kerja sama semua pihak sehingga jaringan FJPI di daerah tetap kokoh dan berkembang di tengah pandemi Covid-19,” ujar Uni Lubis, dalam siaran persnya.

Menurut Uni Lubis, banyak acara berupa pelatihan-pelatihan melalui webinar yang telah diadakan, merupakan bentuk keberadaan yang aktif dan positif, sekaligus menunjukkan jati diri FJPI di Indonesia. Sepanjang 2021, FJPI telah mengadakan 13 webinar, dengan mengundang orang-orang dari beragam latar belakang profesi dan keilmuan.

“FJPI lebih berorientasi pada peningkatan kualitas jurnalis perempuan dengan mendukung good journalism,” ucapnya.

Ia juga menyarakan jurnalis ikut lomba sebagai bentuk mengampanyekan good journalism. Rencananya, FJPI mengadakan kompetisi untuk jurnalis perempuan yang tergabung di FJPI. Tujuannya, agar semua anggota FJPI lebih bersemangat untuk meningkatkan kualitasnya masing-masing, baik secara personal dan tim di era kolaborasi 

Baca Juga: Google Doodle Mengenang Roehana Koeddoes: Jurnalis Perempuan Pertama yang Jadi Pahlawan Nasional

Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2022, FJPI bekerja sama dengan Dewan Pers akan menggelar webinar dengan tema “Tantangan Jurnalis Perempuan di Era Digital”, dengan menghadirkan pembicara Pemimpin Redaksi Kompas TV Rosianna Silalahi,  anggota Dewan Pers Agus Sudibyo, serta Industry Partnership Manager Tiktok Indonesia Oky Dwiputra.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x