Kompas TV nasional peristiwa

Pamerkan Seragam Baru TNI AD, KSAD Dudung: Diciptakan Panglima Andika Perkasa

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 12:37 WIB
pamerkan-seragam-baru-tni-ad-ksad-dudung-diciptakan-panglima-andika-perkasa
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memperkenalkan seragam baru TNI AD. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Genta Tenri Mawangi)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memperkenalkan seragam baru TNI AD saat Rapat Pimpinan TNI AD Tahun 2022 hari ini, Rabu (2/3/2022).

Dudung menyebut seragam baru tersebut diciptakan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat menjadi KSAD.

Namun, dia menuturkan seragam baru buatan Andika tersebut kemudian mengalami sedikit perubahan pada warna saat dirinya menjabat KSAD. 

"Iya ini seragam baru. Seragam baru ini sebetulnya diciptakan Pak Andika Perkasa waktu (menjabat) KSAD," kata Dudung dikutip dari Antara, Rabu.

"Kemudian ada evaluasi dari para asisten, ada penambahan warna sedikit," imbuhnya.

Menurut penjelasannya, seragam baru TNI AD ini menggunakan motif khas Angkatan Darat yang berbeda dari loreng TNI pada umumnya.

Mengingat kata dia, selama ini TNI AD belum memiliki loreng yang menjadi ciri khas angkatan.

Seperti diketahui, seragam TNI AD yang lama menggunakan motif loreng TNI pada umumnya, yang disebut Loreng Malvinas.

Baca Juga: KSAD: Megawati Soekarnoputri Beri Materi Penguatan Pancasila di Rapim TNI AD

"Angkatan Darat tidak punya loreng (yang khas) rupanya. Jadi loreng, yang ini adalah loreng TNI, nah ini loreng angkatan darat," ujarnya.

Sebagai informasi, terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok antara Loreng Malvinas TNI dan Loreng TNI AD, terutama pada penggunaan warna, komposisi, dan bentuk.

Loreng Malvinaspada seragam TNI pada umumnya terdiri atas tiga blok warna berukuran besar, yaitu warna hijau tua, cokelat tua, dan warna yang dekat dengan krem gading (ivory cream).

Sementara itu, Loreng TNI AD yang diperkenalkan oleh KSAD memiliki blok warna lebih banyak, terutama untuk gradasi warna cokelat dan hijau.

Selain seragam, Dudung juga menuturkan TNI AD juga memiliki brevet baru, yang intensitas warna hijau-nya berbeda dengan brevet lama.

Dudung kemudian menegaskan seragam baru TNI AD tersebut merupakan buatan dalam negeri.

Sementara itu, menurut pantauan Antara, saat Rapat Pimpinan TNI AD Tahun 2022 di Markas Besar TNI AD (Mabesad) Jakarta pada hari ini, sejumlah pejabat TNI telah menggunakan seragam baru tersebut.

Di antaranya, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto, Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad) Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasad Letjen TNI Afini Boer.

Baca Juga: KSAD: Megawati Soekarnoputri Beri Materi Penguatan Pancasila di Rapim TNI AD



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x