Kompas TV nasional peristiwa

Kisah Chef Asli Lombok yang Masak untuk Jemaah Haji Indonesia di Madinah

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 20:32 WIB
kisah-chef-asli-lombok-yang-masak-untuk-jemaah-haji-indonesia-di-madinah
Muhammad Efendi, chef Indonesia di Arab Saudi, yang memasak untuk jemaah haji dari tanah air. (Sumber: Kementerian Agama)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama memastikan konsumsi jemaah haji Indonesia yang berangkat pada tahun ini dimasak langsung oleh chef asal tanah air.

Salah satu chef yang menangani langsung makanan yang dihidangkan untuk jemaah haji Indonesia adalah Muhammad Efendi, pria 29 tahun asal Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ia bertugas meracik makanan khusus untuk jemaah haji 2022. Ia sudah lima tahun berada di Madinah, Arab Saudi, dan bekerja menjadi chef.

Efendi diketahui bekerja di perusahaan atau Dapur Al Ahmadi Catering Madinah, yang sudah berdiri sejak tahun 2000.

Bisa melayani para tamu Allah, menurutnya, adalah suatu kebanggaan.

Baca Juga: Hingga Kini, Sudah Ada 5.917 Calon Haji Indonesia yang Tiba di Madinah Arab Saudi!

"Awalnya saya asisten chef. Alhamdulillah, sekarang chef," kata Efendi dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Senin (6/6/2022).

"Saya sangat senang sekali bisa melayani makan jemaah haji. Saya berkomitmen akan memberikan pelayanan memuaskan. Mereka adalah tamu Allah," katanya berkaca-kaca.

Sebelumnya, Efendi pernah melaksanakan tugas yang sama pada 2017. Saat itu, dia juga menjadi juru masak bagi jemaah haji Indonesia.

Efendi menyampaikan bahwa di perusahaan Al Ahmadi Catering, karyawan asal Indonesia ada enam orang. Total ada 60 orang dari beberapa negara.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x