Kompas TV nasional agama

Pedagang Sayur Menabung Rp25.000 Per Hari Selama 8 Tahun, Akhirnya Bisa Berangkat Haji

Kompas.tv - 13 Juni 2022, 11:53 WIB
pedagang-sayur-menabung-rp25-000-per-hari-selama-8-tahun-akhirnya-bisa-berangkat-haji
Samsia, calon jemaah haji asal Indramayu, Jawa Barat, yang bekerja sebagai tukang sayur. Ia menabung setiap hari Rp25.000 selama 8 tahun untuk bisa pergi ke tanah suci. (Sumber: Kompas TV/Fadlyanto Sugiono)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjalankan ibadah haji adalah rukun Islam ke-5 yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim bila mampu. Baik dari segi keuangan, fisik, dan juga mental. Bagi sebagian orang, naik haji bukan sekadar menjalankan kewajiban. Tapi juga menjadi impian yang sudah diidam-idamkan selama bertahun-tahun.

Seperti yang dilakukan Samsia, seorang pedagang sayuran di Pasar Balung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Ia menabung selama bertahun-tahun untuk bisa berangkat haji. Setiap hari, ia menyisihkan hasil berdagangnya sebesar Rp25.000.

"Alhamdulillah saya masih diberi kekuatan, kesehatan, rejeki yang banyak sehingga bisa menabung Rp25.000 per hari," kata Samsia saat diwawancara oleh Kontributor KOMPAS  TV, Fadlyanto Sugiono, Minggu (12/6/2022).

Samsia mendaftar haji pada 2012 lalu dan menabung selama 8 tahun, ia mendapat jadwal keberangkatan pada 2020. Namun karena pandemi Covid-19 melanda, keberangkatan Samsia pun ditunda.

Baca Juga: Tradisi Gentong Haji, Keluarga Jemaah Haji Sediakan Minum untuk Warga yang Melintas

Hal itu sempat membuat Samsia sedih, namun ia tetap berdoa agar pandemi segera berlalu. Tahun ini, saat pandemi Covid sudah semakin terkendali, Samsia akhirnya akan berangkat ke tanah suci pada 14 Juni mendatang.

Ia merasa sangat beruntung karena masuk dalam daftar jemaah yang akan berangkat. Pasalnya, teman-temannya yang mendaftar haji bareng tidak bisa berangkat karena berbagai hal. Salah satunya adalah pembatasan usia jemaah haji yang maksimal 65 tahun di 2022.

"Aku doang yang keangkut (masuk daftar berangkat), temen-temen pada enggak keangkut," ujar Samsia.

Kini, Samsia sudah bersiap menjalankan ibadah haji. Anak-anaknya yang membantunya menyiapkan segala keperluan di Mekkah dan Madinah. Lantaran suami Samsia sudah meninggal dunia.

Baca Juga: Calon Haji Asal Polewali Mandar Terkena Stroke, Keberangkatan Dialihkan ke Calon Haji Cadangan

Setelah sebelumnya sempat tertunda selama dua tahun, ibadah haji akhirnya kembali dibuka. Pada haji 2022, Indonesia mendapatkan kuota dari Pemerintah Arab Saudi sebanyak 100.051 jemaah.

Namun, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jemaah agar dapat berangkat ke Tanah Suci.

Dikutip dari unggahan akun Instagram Kementerian Kesehatan @kemenkes_ri, berikut sejumlah syarat yang harus dipenuhi jemaah agar dapat melaksanakan ibadah haji:

Berusia di bawah 65 tahun

Sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap yang telah diakui WHO

Sudah mendapatkan vaksin meningitis

Wajib melampirkan hasil PCR dengan hasil negatif 3x24 jam

Jangan lupa untuk membuat sertifikat internasional Arab Saudi (Tawakalna) melalui aplikasi Pedulilindungi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x