Kompas TV nasional peristiwa

Waspada! BNPB Sebut Frekuensi Tanah Longsor Kabupaten Bogor Tertinggi di Indonesia

Kompas.tv - 10 Oktober 2022, 18:39 WIB
waspada-bnpb-sebut-frekuensi-tanah-longsor-kabupaten-bogor-tertinggi-di-indonesia
BNPB menyebut Kabupaten Bogor merupakan daerah dengan frekuensi bencana hidrometeorologi tertinggi di Indonesia, khususnya tanah longsor. (Sumber: Tangkapan layar)

BOGOR, KOMPAS.TV – Kabupaten Bogor merupakan daerah dengan frekuensi bencana hidrometeorologi tertinggi di Indonesia, khususnya tanah longsor.

Penjelasan itu disampaikan oleh Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari.

Muhari menjelaskan, berdasarkan historis kejadian banjir Jabodetabek sejak 2012 hingga 2022, setiap tahun frekuensinya meningkat kecuali di tahun 2022.

Bahkan pada tahun 2021 lalu, kata dia, banjir, cuaca ekstrem dan tanah longsor benar-benar mendominasi frekuensi dari kejadian bencana di Jabodetabek.

“Sangat signifikan kejadian tanah longsor di Jabodetabek, khususnya di Kabupaten Bogor,” jelasnya dalam Disaster Briefing yang disiarkan di kanal Youtube BNPB, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: Periode 3 hingga 9 Oktober BNPB Catat 70 Bencana Terjadi di Indonesia, Banjir Mendominasi

“Kabupaten Bogor merupakan kabupaten dengan frekuensi bencana hidrometeorologi paling tinggi di Indonnesia, bukan hanya di Jabodetabek,” tegasnya tanpa merinci jumlah kejadian maupun korban.

Berkaitan dengan hal itu, BNPB pun melihat kembali bagaimana bentang lahan saat ini.

“Karena pastinya kalau kita bicara tentang hidrometeorologi basah tidak lepas dari daya dukung, daya tampung lingkungan.”


 

Dalam penjelasannya, Muhari juga membahas tentang banjir di kawasan Jabodetabek, yang menurutnya dengan kondisi Indonesia saat ini, banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem terfokus di Jawa, khususnya bagian tengah ke selatan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x