Kompas TV nasional update

Vaksin Merah Putih atau Inavac Mampu Cegah Virus Covid-19 pada Orang Dewasa Usia 18 Tahun ke Atas

Kompas.tv - 4 November 2022, 20:11 WIB
vaksin-merah-putih-atau-inavac-mampu-cegah-virus-covid-19-pada-orang-dewasa-usia-18-tahun-ke-atas
Kepala Badan POM Dr Penny K Lukito. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk vaksin Merah Putih. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk vaksin Merah Putih.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, vaksin Merah Putih atau Inavac merupakan vaksin buatan bangsa Indonesia.

"Alhamdulillah pada hari ini BPOM mengumumkan kembali informasi kepada masyarakat adanya EUA (izin edar) dari vaksin Covid-19 produksi dalam negeri, 100 persen produksi dalam negeri dengan nama Inavac atau dikenal sebelumnya dengan vaksin merah putih," kata Penny dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Jumat (4/11/2022) yang dipantau KOMPAS.TV secara daring.

Baca Juga: Balita Tewas Keracunan Gas Terjebak di Area Lockdown China, Kebijakan Nol-Covid-19 Picu Kemarahan

Penny juga menyampaikan bahwa dari hasil pengujian, Inavac mampu mencegah virus Covid-19 pada orang dewasa dengan usia 18 tahun ke atas. Selain itu, Inavac akan menjadi vaksin primer ini diberikan dua dosis suntikan dengan interval 28 hari.

"Dengan disetujuinya emergency use authorization untuk Inavac atas nama PT Biotis Pharmaceutical Indonesia untuk vaksinasi primer pada dewasa usia 18 tahun ke atas maka ini sudah mulai kita mendukung cita-cita bangsa Indonesia dalam kemandirian vaksin Covid-19 di dalam negeri," ujarnya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sendiri telah menyetujui dua nama produk vaksin virus Corona buatan dalam negeri yakni vaksin Inavac dan IndoVac.


 

Kemudian, seluruh vaksin buatan dalam negeri dinyatakan halal berdasarkan hasil audit dan sertifikasi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Baca Juga: BPOM Resmi Keluarkan Izin Penggunaan Vaksin Merah Putih



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x