Kompas TV nasional hukum

Pengacara Targetkan Eliezer Lepas Pidana dalam Sidang Tuntutan Pembunuhan Yosua, Ini Alasannya

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 05:05 WIB
pengacara-targetkan-eliezer-lepas-pidana-dalam-sidang-tuntutan-pembunuhan-yosua-ini-alasannya
Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri) didampingi kuasa hukumnya, Ronny Talapessy, menghampiri orangtuanya. (Sumber: KOMPAS/ADRYAN YOGA PARAMADWYA)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengacara Richard Eliezer, Ronny Talapessy, menargetkan kliennya lepas dari pidana dalam sidang tuntutan pembunuhan Brigadir Yosua yang akan digelar Rabu (11/1/2023) mendatang.

Ronny beralasan, ia berpegang pada fakta-fakta persidangan, termasuk saksi ahli yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) yang menyebutkan tindakan Eliezer menembak Yosua karena perintah jabatan dan ada ketakutan serta kekhawatiran.

“Target kami lepas dari pidana atau lepas dari pidana, tetapi kami tidak mau mendahului ini, kami menyerahkan ke majelis hakim,” ujarnya, Sabtu (7/1/2023).

Menurut Ronny, sejak awal terlihat strategi pengacara Ferdy Sambo yang ingin melemparkan tanggung jawab ke Eliezer. Namun, keterangan yang diberikan kliennya di persidangan tidak berdiri sendiri karena diperkuat saksi-saksi lainnya.

Baca Juga: Jadi Penguak Fakta, Eliezer Minta Keringanan Hukuman Jelang Sidang Tuntutan Pekan Depan

Terlebih, ahli balistik juga sudah menyampaikan peluru di badan Yosua memang dari pistol Eliezer, akan tetapi yang terdapat di kepala Yosua tidak demikian. Ia berpendapat, kliennya dalam kasus ini sebagai justice collaborator (JC) dan di dalam persidangan juga sudah mengakui perbuatannya serta meminta maaf.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dalam persidangan pembunuhan Brigadir Yosua terdapat perbedaan kesaksian antara Ferdy Sambo dan Eliezer. Ferdy Sambo mengaku meminta Eliezer dan bertanya siap back up atau tidak jika Yosua melawan sebelum peristiwa pembunuhan terjadi.

Namun, Eliezer mengungkapkan tidak ada perintah itu dan hanya perintah tembak. Demikian pula dengan keterangan Ferdy Sambo yang mengaku sudah meminta konfirmasi kepada Yosua soal pelecehan, akan tetapi Eliezer membantah tidak ada permintaan konfirmasi karena Sambo langsung memerintahkan Yosua berlutut.

Baca Juga: Di Persidangan Richard Eliezer Ngaku Sempat Bohongi Kapolri soal Pembunuhan Yosua


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x