Kompas TV nasional peristiwa

Polri Upayakan Modifikasi Cuaca untuk Permudah Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 14:29 WIB
polri-upayakan-modifikasi-cuaca-untuk-permudah-evakuasi-rombongan-kapolda-jambi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan Polri saat ini tengah berusaha melakukan modifikasi cuaca untuk mempermudah proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongannya.(Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Proses evakuasi terhadap Kapolda Irjen Rusdi Hartono beserta rombongannya masih berproses. Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan cuaca berkabut menjadi kendala proses evakuasi melalui jalur udara.

"Kami sedang berupaya bagaimana melakukan modifikasi cuaca sehingga kemudian kabut-kabut itu bisa dihilangkan dan pandangan terhadap lokasi tempat kejadian perkara ini betul-betul terlihat jelas," kata Listyo di Mabes Polri, Selasa (21/2/2023). 

Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 mendarat darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, Jambi, Minggu (19/2/2023). Helikopter itu ditumpangi rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono. 

Jenderal Listyo mengatakan pihaknya berusaha melakukan modifikasi cuaca untuk mempermudah proses evakuasi. "Sehingga evakuasi melalui udara bisa dilaksanakan dengan baik."

Menurut Jenderal Listyo, Polri telah menerjunkan kembali tim tambahan untuk proses evakuasi melalui jalur darat. 

Untuk mendukung evakuasi melalui jalur darat, tim SAR gabungan melakukan pemetaan untuk membuat rute terdekat dan rute yang aman untuk evakuasi korban.       ?

Baca Juga: 4 Helikopter Gagal Evakuasi Kapolda Jambi, 2 Jam Hanya Berputar-putar di Langit, Ini Kendalanya

"Kami sedang membuat maping terkait dengan rute terdekat dan rute yang aman bagi korban teman-teman," ucap dia.

“Karena, memang butuh langkah-langkah yang khusus supaya tidak menambah cidera di sisi lain juga bisa berjalan dengan baik dan keselamatan para teman-teman kami yang saat ini luka menjadi prioritas kami,."

Selain Kapolda Jambi, personel polisi lain yang menjadi korban adalah Direktur Reserse dan Kriminal Umum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudhistira, Direktur Polisi Perairan Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koordinator Staf Pribadi Pimpinan Kompol Ayani, ADC Briptu Muhardi Aditya.

 

Kemudian, ada tiga awak helikopter yaitu pilot Ajun Komisaris Ali Nurdin S. Harahap, kopilot Ajun Komisaris Amos Freddy P. Sitompul, serta mekanik bernama Aipda Susilo.

Baca Juga: Selain Patah Tangan, Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono Disebut Alami Cedera Tulang Punggung




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x