Kompas TV nasional hukum

Buntut Kasus Anak Rafael Alun Trisambodo, Wapres Khawatir Rakyat Tidak Percaya Bayar Pajak

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 17:39 WIB
buntut-kasus-anak-rafael-alun-trisambodo-wapres-khawatir-rakyat-tidak-percaya-bayar-pajak
Wakil Presiden Maruf Amin di Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Sabtu (4/2/2023). (Sumber: ANTARA/Desca Lidya Natalia)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

MAMUJU, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin khawatir masyarakat jadi tidak percaya untuk membayar pajak karena kasus anak pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Rafael Alun Trisambodo, yang punya gaya hidup mewah.

Mario Dandy Satriyo, putra Rafael, menjadi tersangka kasus penganiayaan. Selain kasus penganiayaannya, yang menjadi sorotan publik adalah gaya hidup mewahnya. Mario kerap mengunggah aktivitasnya menunggangi motor gede (moge) Harley Davidson dan mobil Jeep Rubicon di media sosial.

Menurut Wapres, kasus tersebut bisa menimbulkan anggapan di tengah masyarakat bahwa pajak yang warga bayarkan justru digunakan untuk kepentingan pegawai-pegawai DJP.

"Jangan sampai ada ketidakpercayaan masyarakat, terutama mereka yang membayar pajak, kemudian mereka menjadi ada ketidakpercayaan, 'Pajak saya digunakan untuk kepentingan orang per orang,'" kata Ma'ruf di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (24/2/2023), dikutip dari Kompas.com.

Katanya, pajak yang dibayarkan publik harus dipastikan digunakan untuk melayani masyarakat, baik itu di sektor pendidikan, infrastruktur, dan bantuan sosial.

Ia juga mendukung sikap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang mengecam gaya hidup mewah pegawai-pegawainya.

"Kepercayaan itu penting. Karena itu, kalau ada (pejabat bermewah-mewahan), saya kira tindakan Bu Menteri tepat sekali," ujar Wapres.

Ma'ruf kemudian menekankan agar seluruh pejabat publik dari tingkatan teratas hingga ke bawah, mesti menunjukkan gaya hidup yang sederhana.

Baca Juga: Kampus Prasetiya Mulya Resmi DO Mario Dandy Satriyo Anak Pejabat Ditjen Pajak Penganiaya David

"Saya kira tindakan Bu Menteri itu sudah benar ya. Kalau ada pejabat yang memamerkan, hidup hedonis, itu perlu diingatkan ya," kata Ma'ruf.

Sebelumnya diberitakan pemuda bernama David, anak salah satu pengurus pusat GP Ansor, menjadi korban penganiayaan oleh pengemudi mobil Jeep Rubicon bernama Mario Dandy Satriyo.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihak kepolisian telah menangkap Mario usai melakukan aksi penganiayaan terhadap David.

"Tersangka MD (Mario Dandy) telah ditahan,” kata Kapolres Metro Jaksel Kombes Ade melalui keterangan resminya di Jakarta pada Rabu (22/2/2023).



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x