Kompas TV nasional peristiwa

Ingatkan Patroli Perintis Presisi Tak Seperti Reserse, Komjen Fadil Imran: Tidak Ada Lagi Tim Badik

Kompas.tv - 14 Juni 2023, 14:07 WIB
ingatkan-patroli-perintis-presisi-tak-seperti-reserse-komjen-fadil-imran-tidak-ada-lagi-tim-badik
Komjen Fadil Imran (tengah) di Lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya, Rabu (14/6/2023). Komjen Pol Fadil Imran memperingatkan anggota Tim Patroli Perintis agar berpatroli sebagai fungsi pencegahan, dan tak bertindak seperti reserse. (Sumber: Tribunnews.com/Fahmi Ramadhan)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarhakam) Polri Komjen Pol Fadil Imran memperingatkan anggota Tim Patroli Perintis agar berpatroli sebagai fungsi pencegahan, dan tak bertindak seperti reserse.

Fadil mengatakan, Tim Patroli Perintis Presisi merupakan fungsi pencegahan, bukan berfungsi untuk penindakan.

"Karena kita patroli seyogyanya merupakan fungsi pencegahan, bukan penindakan. Saya ulangi kita patroli merupakan fungsi pencegahan, bukan pencegahan,” ucapnya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (14/6/2023), dikutip Tribunnews.com.

“Tidak ada lagi patroli Sabhara serasa Reserse," ujarnya.

Baca Juga: Karyoto Disebut Kobra, Fadil Imran Peringatkan Kapolres di Polda Metro Jaya: Jangan Main-Main!

Fadil kemudian mengingatkan agar dalam melakukan patroli, tim tersebut hanya menggunakan satu nama, yakni Patroli Perintis Presisi.

"Tidak ada lagi Tim Badik, Tim Viper, Tim Raimas Backbone, Tim Jaguar, Tim Kobra, atau Sabhara dengan pola reserse," ujarnya.

Sebelumnya, Patroli Perintis Presisi hanya ada pada lingkup Polda Metro Jaya, namun pada hari ini, Baharkam Polri resmi meluncurkan Patroli Perintis Presisi di seluruh jajaran Kepolisian Daerah (Polda) seluruh Indonesia.

"Pagi ini saya melaunching Patroli Perintis Presisi di depan para Direktur Samapta dan Dirpamobvit seluruh Indonesia," ucap Fadil Imran.


 

Nantinya, kata mantan Kapolda Metro Jaya itu, Patroli Perintis Presisi akan terbagi menjadi dua, yakni Patroli Perintis Presisi dan Tim Patroli Kota Perintis Presisi yang menggunakan sepeda motor dan menggunakan roda empat.

"Patroli Perintis Presisi dan Patroli Kota akan melakukan langkah-langkah preventif terhadap gangguan," ujarnya.

Baca Juga: Ucapan Perpisahan Irjen Fadil di Hari Pisah Sambut Kapolda Metro Jaya: Saya Ucapkan Terimakasih...

Ia berharap dengan terbentuknya Patroli Perintis Presisi di seluruh Indonesia ini dapat menekan angka kejahatan yang ada.

"Saya berharap dengan dua program ini, Patroli Perintis Presisi dan penguatan Babhinkamtibmas oleh Polisi RW situasi Kamtibmas akan lebih terkendali," ujarnya.




Sumber : tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x