Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Buka Kemungkinan Dukung Ganjar, tapi Masih Komitmen Usung Anies di Pilpres 2024

Kompas.tv - 11 Agustus 2023, 19:05 WIB
demokrat-buka-kemungkinan-dukung-ganjar-tapi-masih-komitmen-usung-anies-di-pilpres-2024
Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat Herman Khaeron. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - DPP Partai Demokrat membuka kemungkinan untuk mendukung bakal capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Namun, hingga saat ini partai politik (parpol) berlambang bintang mercy itu masih berkomitmen bersama Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mengusung Anies Baswedan di pesta demokrasi nanti. 

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat Herman Khaeron dalam program Kompas Petang di Kompas TV, Jumat (11/8/2023).  

Baca Juga: PDIP: Kami Belum Beri Penawaran Apapun ke Demokrat agar Keluar dari Koalisi Parpol Pro Anies

"Ya, dalam politik itu serba mungkin. Kalau ditanya kemungkinan, ya, serba mungkin (mendukung Ganjar). Tapi paling tidak kami pastikan berkomitmen bersama dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan mengusung Anies sebagai bakal capres," kata Herman. 

Menurut dia, sebelum mendaftarkan pasangan bakal capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang mulai dibuka pada 19 Oktober hingga 25 November 2023, tak ada yang bisa memastikan koalisi parpol akan tetap solid.

"Nah, upayanya kami tetap bersama dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Namun demikian tentu komunikasi politik sebagai jalan menuju kebersamaan dengan siapapun selalu terbuka," ujarnya. 

Ia mengatakan pihaknya ingin menciptakan iklim politik di Tanah Air sejuk, sehingga terus menjalin komunikasi dengan seluruh parpol. 

Sebab, tak ada yang bisa memastikan koalisi parpol pro ini Anies akan tetap bertahan hingga pendaftaran ke KPU RI nanti.  

"Dan ketika mengerucut, ini adalah sebuah upaya bagaimana upaya ke depan, ya, akan dipastikan ketika kami ini bersama-sama mendaftar ke KPU. Perjalanan ini siapa yang tahu? Tidak ada yang tahu."

"Kalau ditanya komitmen Partai Demokrat, sampai saat ini kita jalan selaras dengan komitmen seperti tertuang dalam deklarasi Koalisi Perubahan untuk Persatuan," katanya.

Sebelumnya, Politikus PDIP Deddy Sitorus mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum memberikan penawaran apapun agar Partai Demokrat mau keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mendukung bakal capres Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Hal ini menanggapi pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, kemarin.


 

"Tawaran (ke Demokrat) saya kira belum terpikirkan. Kita ini kan baru melakukan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia, yaitu di mana ketika para elite dan sejarah itu tetap bergandengan tangan, bersama-sama menciptakan suasana politik yang lebih kondusif dan hubungan antar parpol dan elite yang lebih baik dan cair," kata Deddy dalam program Kompas Petang di Kompas TV, Jumat (11/8/2023). 

Baca Juga: Tanggapan Puan saat Ditanya Kapan Demokrat Merapat ke PDI-P

Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Ganjar Pranowo ini menyebut, seiring berjalannya waktu terbuka kemungkinan PDIP menawarkan sesuatu yang menarik kepada partai berlambang bintang mercy itu agar mau berkoalisi menyongsong pesta demokrasi nanti. 

"Tapi apakah itu dimungkinkan, sangat dimungkinkan. Itu tergantung daripada Demokrat dan PDIP sendiri," katanya.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x