Kompas TV nasional peristiwa

Hadiri HUT Ke-12 Kompas TV, Wapres Maruf Amin Beri 4 Pesan Khusus untuk Insan Pers Nasional

Kompas.tv - 12 September 2023, 08:11 WIB
hadiri-hut-ke-12-kompas-tv-wapres-maruf-amin-beri-4-pesan-khusus-untuk-insan-pers-nasional
Wakil Presiden RI Maruf Amin memberikan sambutan di acara Malam Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-12 Kompas TV di Golden Ballroom, The Sultan Hotel, Jalan Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (11/09/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Presiden (Wapres) Mar’uf Amin memberikan pesan khusus untuk insan pers nasional saat memberikan sambutan di acara Malam Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-12 Kompas TV di Golden Ballroom, The Sultan Hotel, Jalan Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (11/09/2023).

Menurut Ma'ruf Amin, kemudahan masyarakat mengakses informasi dari berbagai sumber media mencerminkan jaminan akan keterbukaan informasi publik dan transparansi pemerintahan. 

Oleh karenanya, ia menyebut, fokus media selanjutnya tidak terbatas hanya memberikan informasi yang cepat dan tepat, namun juga harus dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

“Ke depan, diperlukan upaya untuk mendorong agar informasi tersebut bisa dikelola dan dioptimalkan sebagai instrumen untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan,” kata Wapres Ma'ruf, Senin (11/9).

Secara khusus, dalam kesempatan tersebut Wapres memberikan setidaknya empat pesan khusus untuk para pemangku kepentingan sektor penyiaran nasional.

“Pertama, jadikan media penyiaran nasional sebagai corong informasi yang sehat untuk mendukung kemajuan bangsa dan negara, serta kesejahteraan masyarakat dalam kerangka demokrasi,” jelasnya.

Baca Juga: Momen Wapres Maruf Amin Ketemu Dubes Arab Saudi di Serang, Bahas Apa?

Kemudian, ia juga menekankan pentingnya peran media dalam memberikan informasi yang benar dalam rangka menjalankan fungsi pers yang sehat.

“Kedua, tebarkan gagasan dan informasi yang benar dan akurat. Lawan hoaks dengan tetap menjaga keterbukaan dan objektivitas sebagai perwujudan fungsi pers yang sehat,” tegas lelaki yang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia itu.

Selanjutnya, ia meminta agar media konvensional terus melakukan perbaikan dan menciptakan kebaruan terhadap program-program yang ada saat ini. 

Wapres juga menyebut bahwa Pemerintah akan mendorong persaingan sehat antarmedia konvensional dan digital.

“Ketiga, terus berinovasi dalam semua aspek. Dalam era teknologi digital ini, media penyiaran nasional akan menghadapi persaingan yang semakin ketat," jelasnya.

"Sejalan dengan ini pula, Pemerintah akan terus memperhatikan keberlanjutan industri media nasional dalam menghadapi disrupsi digital,” ungkapnya.

Selain itu, dalam menyambut Tahun Politik 2024, Wapres berharap, media penyiaran dapat menjadi rujukan utama bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang faktual dan aktual, sehingga turut menjaga stabilitas keamanan nasional.

“Selanjutnya, kawal terus proses dan tahapan pemilu melalui informasi yang valid, segar, dan aktual, sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan damai dan demokratis," tegasnya.

"Media mesti menjaga keadaban publik dan nalar rasional masyarakat menghadapi tahun politik 2024,” imbuhnya.

Baca Juga: Puncak Acara HUT ke-12 KompasTV: Sejumlah Tokoh Nasional Hadir, Wapres Beri Sambutan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x